Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Kematian Mahatma Gandhi…

Saya yakin setiap orang yang pernah menempuh jenjang SMP, pasti tahu dengan tokoh besar India, Mahatma Gandhi. Dengan catatan, waktu pelajaran sejarah tidak bolos atau tertidur di kelas :).

Minggu kemaren, saya pinjam buku biografi tentang Gandhi di Perpusda Jatim. Buku itu cukup tebal dan agak bikin males bacanya… Oleh karenanya, yang kubaca pertama kali ialah tentang kematian Gandhi. Coz kalo tentang hidupnya dah banyak diceritakan oleh banyak orang…

Ternyata Gandhi meninggal karena dibunuh, tepatnya  ditembak sebanyak 3 kali dengan pistol yang langsung mengarah ke dadanya…. Ketika beliau hendak memimpin doa bersama, sebagaimana yang lazim beliau lakukan dalam kesehariannya. Beliau dibunuh oleh umat Hindu (teroris) sendiri (Gandhi beragama Hindu) karena beliau dianggap terlalu membela muslim.

Memang sikon India saat itu benar-benar kacau (seperti saat ini India juga masih kacau). Pakistan berusaha untuk merdeka, Kashmir jadi ajang perang, pembantaian oleh Hindu thd Islam dan sebaliknya ada dimana-mana… Para pemimpin politik juga saling berebut kekuasaan, pokoknya benar-benar kacau… padahal India baru merdeka dari Inggris, tapi euforia kemerdekaan itu malah bikin fanatisme golongan dan gila kekuasaan menggila…

Gandhi yang terkenal dengan ajaran ahimsa (tanpa kekerasan) dan apa ya aku kok lupa istilahnya….  maksudku itu yang kebenaran itu lho…. (wis dianggep tahu lha), mencoba berjuang meredakan konflik dengan cara “khas” nya. Namun sayang, bapak India ini malah mati dengan cara mengenaskan…

“Memang perjuangan untuk kebenaran itu butuh pengorbanan….” kurang lebih seperti itulah yang dikatakan Gandhi

About these ads

Desember 7, 2006 - Posted by | ke-aku-an, ke-buku-an

2 Komentar »

  1. salam…hi :)
    saya memerlukan maklumat terperinci tentang mahatma gandhi.
    di mana saya boleh dapatkan ye?
    saya sangat perlukan maklumat ini segera untuk tugasan saya

    Komentar oleh siti | Agustus 12, 2010 | Balas

  2. Kebetulan sekali barusan saya pulang dr solat jumat dan dalam khotbah jumat menceritakan tentang kematian ghandi,sang khotib menjelaskan bahwa kematian ghandi ∂i karenakan usapan beliau yang menyatakan bahwa nabi muhammad adalah manusia sempurna
    Sbg pemimimpin beliau bisa menjadi panglima perang beliau tidak segan” berada ∂i garis terdepan
    Sebagai pemimpin beliau tidak segan” terjun ke rakyatnya untuk melihat degan mata kepalanya melihat penderitaan rakyatnya dll
    Menjelang ajalnya ghandi selalu memuji nabi muhammad, sampai satu saat pengawal pribadinya menembak mati ghandi hingga tewas karena takut seluruh rakyat india mendengarnya makanya ppengawal tsb menembaknya..dan cerita ini menjadi rahasia rakyat india dan dunia..

    Komentar oleh azfa | Februari 1, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: