Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Margaku The

Sebagai seorang keturunan cina, kedua orangtuaku punya marga atau nama keluarga. Bagi orang cina, nama keluarga diletakkan di kata paling depan dari namanya. Marga diidentikkan dengan keturunan nenek moyang di negara cina sana. Ada yang bilang marga tertentu berhubungan dengan turunan raja-raja atau juga berhubungan dengan jenis profesi dan keperuntungan rejeki.

Nama seorang anak akan mengikuti marga dari papanya, baik dia itu anak laki-laki ataupun perempuan. Mungkin itu juga yang membuat orang cina sangat ingin punya anak laki-laki sebagai penerus nama marganya. Bagi turunan cina ‘totok’, begitu mama menyebutnya, marga adalah nama wajib yang harus ada di setiap anaknya. Meski di samping itu dia juga akan memberi nama indonesia untuk anak-anaknya. Tapi bagi kalangan cina ‘turunan’ nama marga sudah bukan lagi keharusan. Jadi seorang anak yang lahir hanya punya sebuah nama indonesia saja.

Keluargaku adalah cina ‘turunan’ itu, papaku bermarga the dan mama bermarga pwa. Semua anak-anaknya tidak ada yang punya nama cina, meski semuanya adalah laki-laki. Papaku aja lebih senang pakai nama indonesia, jadi aku sering lupa apa nama lengkap papa untuk versi cinanya. Tapi untuk menjaga keturunan itu, papa memberi nama belakang semua anaknya dengan wikarta, sama dengan nama belakang papa. Tanpa ada nama cinanya sama sekali.

Nah, seminggu lalu, pas keluargaku lagi santai-santai dan ngomong-ngomong tentang marga, adikku yang paling kecil, faris, bikin ‘ulah’. Dengan santainya dia bilang, mestinya setiap saudaranya juga punya nama marga cina supaya ‘keren’. Berarti nama itu harus diawali dengan kata the (bacanya te, seperti ejaan tekad, bukan ejaan teman).

Nah akupun akhirnya ikut usil juga, maka langsung kuberi nama si faris dengan ‘the end’ karena dia kan anak terakhir. Gak terima dengan penamaannya, dia mikir-mikir kasih nama apa ke aku, mestinya yang jelek juga….. Tapi belum ketemu apa namanya, aku kasih lagi nama buat dia dengan ‘t shirt’, asal sebut aja supaya si faris tau rasa. Gak terima dengan 2 kali ‘pukulan telak’ akhirnya dia kasih nama aku ‘tempe’ meski gak jelas apa alasannya🙂

Yang paling asik nama untuk adik ke tiga ku, hadi, yaitu ‘te sosro’🙂 coz waktu itu ada iklannya teh botol sosro. Sedangkan untuk nama adik keduaku, itu paling gampang, tinggal kasih nama ‘tikus’ aja coz nama aslinya sendiri titus.

Untungnya papa gak ada di sana, kalo ada mungkin bisa ‘ngamuk’, masak nama marganya dia yang baik itu malah dibuat maenan sama anak-anaknya…… Dasar si Faris memang ‘mokong’. Btw, kalian punya nama marga juga?

Agustus 25, 2006 - Posted by | ke-aku-an

10 Komentar »

  1. pak alif, saya Lia jurusan statistik. pak saya salut dengan keberhasilan pak alif. pak apa boleh saya jadi salah satu teman bapak? maaf ya pak saya lancang, apalagi bapak masih pantas menjadi sosok ank muda. terimakasih jawabannya. Lia di keputih

    Komentar oleh Elia | September 24, 2006 | Balas

  2. wuakakakakk😀
    pancet ae kowe ki lief…
    blog isine mek gawe wong ngguyu….
    aku guyu ngakak mocone….
    dasar alief alief..
    kok yo ono seng gelem kenalan karo awakmu…
    sopo wes jenengmu “tempe”
    kikikikiki

    Komentar oleh enok | Januari 26, 2007 | Balas

  3. teruslah berkarya pak, lumayan buat ngilangin penat setelah kuliah mektek and elmes

    alief: masak setelah kuliah elmes dadi penat??? bukane malah happy? kan dosen’e mbanyol trus….🙂

    Komentar oleh dna | Februari 27, 2007 | Balas

  4. trus nama untuk adik pertamanya siapa…?bukan the first kan?
    emang punya saudara banyak tu enak ya?jadi pingin….

    Komentar oleh septi | April 29, 2007 | Balas

  5. kolip ojo pake nama langsung tp pake inisial ae, adek jadi isin lho.(wajah gantenge adek pole tercoreng)

    Komentar oleh faris arek ganteng | Maret 19, 2008 | Balas

  6. # faris:
    haha…. dadi rambo laan? lek wajah lu tercoreng-coreng😀

    Komentar oleh alief | Maret 19, 2008 | Balas

  7. He..iseng-iseng cari nama marga malah dapet cerita lucu..sama-sama keturunan cina yang kehilangan nama marganya cak..salam kenal.

    Komentar oleh fajar | Agustus 12, 2011 | Balas

  8. I’m amazed, I must say. Rarely do I come across a blog that’s both equally educative and amusing,
    and let me tell you, you have hit the nail on the head. The issue is something which not enough men and women are speaking intelligently about.

    Now i’m very happy that I stumbled across this during my
    search for something concerning this.

    Komentar oleh unlock iphone 5s | September 28, 2014 | Balas

  9. My spouse and I stumbled over here by a different
    website and thought I may as well check things
    out. I like what I see so i am just following you. Look forward
    to checking out your web page again.

    Komentar oleh for more information | Oktober 4, 2014 | Balas

  10. I like the valuable info you provide to your articles.

    I’ll bookmark your blog and take a look at once more
    right here frequently. I am slightly certain I’ll be told many new stuff proper here!

    Best of luck for the next!

    Komentar oleh locksmith N1 | Oktober 10, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: