Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Mengapa Malas Belajar Sendiri?

Pertanyaan seperti judul di atas seringkali kita alami. Dalam mengikuti sebuah kuliah misalnya, kita cukup puas dengan penjelasan dari dosen dan lumayan malas untuk belajar mandiri. Padahal kita semua sudah tahu kalo kuliah di kelas hanya menyampaikan sebagian materi saja, dan jika hanya dengan mengandalkan kuliah saja maka kita tidak akan pernah tahu secara utuh materi itu. Tapi kenapa kok belajar mandiri tetap susah dilakukan???

Tidak ada kemauan karena tidak ada motivasi yang cukup, mungkin itu jawabannya. Seringkali kita melakukan suatu aktifitas ataupun memilih sesuatu tanpa didasari oleh motivasi yang jelas. Kita hanya melakukan dan memilihnya saja tanpa pernah memikirkan kenapa saya memilih ini, apa untungnya buat saya….. Termasuk juga ketika memilih sebuah mata kuliah ataupun memilih kuliah di sebuah jurusan. Kita memilih karena ikut-ikutan atau kita melakukannya karena aturannya ya seperti itu, tanpa kita pernah tau kenapa kok harus milih ini…..

Maka carilah motivasi itu! Temukan dia dari diri kita dan dari sekitar kita. Dari diri kita dengan bertanya kepada kita sendiri apa sih cita-cita kita? Kita pingin jadi apa 5 tahun ke depan? Mari kita tentukan dengan spesifik.

Kalo kultur di “etnis” saya (baca tentang aku di sini) berbunyi seperti ini, I must success because I want be hero for my family. Simpel, tapi itu menjadi motivasi saya untuk mendapatkan hasil terbaik dari setiap aktifitas. Itu juga bisa jadi motivasi buat diri anda….

Sedangkan dari sekitar kita bisa berwujud, mosok seh aku kalah karo arek iku? Wah lek nilaiku apik, arek iku lak iso “kesengsem” karo aku! Jangkrik, lek ngono ae aku yo iso!

Lebih dari itu semua, alangkah baiknya jika motivasi dari aktifitas yang kita lakukan adalah untuk mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain dan juga untuk mendapatkan ridho Nya….. Sebuah motivasi yang gampang diucap tapi seringkali susah untuk benar-benar dijadikan motivasi yang sesungguhnya. Mari kita terus motivasi diri kita untuk masa depan yang lebih baik🙂

November 14, 2006 - Posted by | ke-"mesin"-an, ke-kuliah-an

2 Komentar »

  1. bagus juga tulisannya lief,..memang kadang kita kurang fokus dan dalam bertindak gak ada namanya planning.Berkali-kali saya mendengar orang bilang : hidup saya seperti air yang mengalir..nuruut aja kemana air itu ngalir,kesangkut dahan atau ketabrak batu “pokoknya” life must go on..
    Memotivasi diri persoalan sejauh mana sebenarnya kita mengenal kemauan dan kemampuan diri kita sendiri,sehingga kita bisa menetapkan apa saja yang ingin kita capai..dan konsekuensinya segala hal yang semakin menjauhkan kita dari tujuan,kita hindari.dan juga sebaliknya..DO THE RIGHT THING AND DO IT RIGHT..

    Komentar oleh irul c111/c31 | November 20, 2006 | Balas

  2. mungkin selain itu malas karena kita sendiri kurang mengerti apa sebenarnya tujuan hidup kita.

    Komentar oleh Nn | Mei 7, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: