Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Why ke-numerik-an

Saat saya putuskan untuk mbuat kategori baru, maka yang pertama kali muncul di kepala adalah tentang numeric. Mengapa? Karena numeric adalah topic yang saya senangi, tapi ironisnya dalam sebulan terakhir “dia” kulupakan…..

Pengalaman dengan numeric kudapat ketika kuliah Analisa Numerik, yang waktu itu aku sangat jelas tidak tahu kegunaannya. Dosen ybs setiap masuk kelas langsung ngasih persamaan numeric dan menyelesaikannya tanpa menjelaskan kegunaan dari rumus itu. Kayaknya sampe sekarang masih ada juga dosen yang seperti itu….

Pengalaman berikutnya, pas ambil mata kuliah Computational Fluid Dymanics (CFD). Ini malah lebih parah…. Dosene malah gak jelas ngomongin tentang persamaan apa. Katane teman-teman sekelas, “Saking pintere dosene sampe awak dewe gak ngerti opo sing diomongno”. Dan itu terbukti ketika memakai software berbasis CFD, dosen tsb sangat hebat. Bahkan saat itu saya sampai gak lulus mata kuliahnya, coz gak bisa nyelesaikan tugas yang harus dikerjakan dengan software CFD….

Setelah itu, Tugas Akhir saya pun juga pake software berbasis CFD.Ketika itu saya hanya bisa memakai software tanpa mengerti sedikitpun tentang “alasan” numerik di baliknya. Rasa penasaran saya baru terusik ketika seorang teman bertanya : apa bedane Software Fluent karo Ansys??? Kan keduanya bisa untuk memodelkan aliran fluida? Pertanyaan yang gampang2 susah njawabnya…..

Pas setelah lulus dan bergabung di jurusan Teknik Mesin ITS sebagai staf pengajar, ketertarikanku terhadap numerik mulai tumbuh. Aku mulai belajar lagi tentang finite difference, finite element, finite volume, dan boundary element. Meski sampe sekarang belum juga ngerti semuanya dengan clear.

Tapi mudah-mudahan semangatku gak akan luntur dan terus berjuang untuk bisa numerical modeling dengan baik. Sehingga nantinya kategori ini akan saya isi dengan hasil belajarku, hasil risetku, dan juga perkembangan yang kutahu tentang numerical modeling. Mohon doa (restu) nya ya…. kayak mau nikah aja🙂

Desember 6, 2006 - Posted by | ke-kuliah-an, ke-numerik-an

2 Komentar »

  1. lief dosen nya pak siapa yah…..initial kali aja yah….

    Komentar oleh adi yusuf | Februari 14, 2007 | Balas

  2. gw aja lulusan D3 politeknik dg ip=2,23 sangat menyukai numerik/fem dan sebangsanya dan cukup paham maksudnya, sedang you?? ada apakah kiranya…semangat n belajar y jangan sampai jadi makelar proposal…ky dosen yg lain.

    Komentar oleh jonas | Oktober 2, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: