Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Mbangun PLTU lagi…

Berita dari detik.com pagi ini, Sumut akan mbangun PLTU baru dengan kapasitas 2X125 MW.Katanya untuk menutup kekurangan pasokan listrik selama ini. Wah alhamdulillah nih buat orang SUMUT…

PLTU ini akan mulai dibangun tahun 2007 dan diperkirakan selesai 2-3 tahun lagi. Lumayan lama juga ya nunggunya… Emang mbangun apa aja sih?

Sebuah PLTU butuh peralatan utama seperti boiler untuk “masak” air dan turbin uap untuk mbangkitkan listrik di generator, serta bermacam auxilliary equipments lain. Seperti, pompa, deaeator, condensor, perpipaan, dll (sakjane aku yo gak sepiro ngerti…)

Nah untuk masak air kan butuh Bahan Bakar (BB), itu yang kritis…. Emang BB apa sih yang bisa dipakai untuk PLTU ini?? PLTU itu bisa pake batubara, minyak ataupun gas sebagai BB untuk memasak air. Kalo pake batubara masih mending, coz di Sumatera masih banyak persediannya, jadi biaya transportnya pun murah.

Tapi kalo pake gas atopun minyak, itu yang repot??? Wong untuk rakyat dan industri aja kekurangan minyak dan gas, apalagi kalo untuk PLTU…. Bisa-bisa akhirnya sering pemadaman bergilir lagi karena kekurangan pasokan BB…

Meskipun sebenere, pemadaman bergilir bukan hanya dikarenakan kekurangan BB. Tapi lebih dikarenakan kebutuhan listrik yang berlebih dan perawatan di Pembangkit yang kurang “terencana”. Jadi klop sudah, kebutuhan meningkat, produktivitas terbatas.

Tapi orang PLN dan pembangkitan masak pernah mau mengakui kalo perawatannya kurang…. Iso-iso mereka malah akan bilang, siapapun orangnya kalo dalam posisi seperti ini, pasti juga akan kesulitan memenuhi kebutuhan listrik… Lha trus lek ngono, gawe opo sampean dibayar cak cak???

Desember 16, 2006 - Posted by | ke-"mesin"-an |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: