Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Apa untungnya Profesor buat Mhs?

Pertanyaan di atas terlontar oleh mahasiswa saya di kelas Menggambar Teknik. Ketika itu saya bercerita bahwa sebentar lagi Teknik Mesin akan ketambahan 2 orang Profesor baru. Lantas spontan ada yang bertanya : Pak, buat mahasiswa apa sih untungnya kalo ada Profesor baru?

Jujur saya bingung njawabnya…. Karena saya bukan Profesor🙂 dan di kepala saya memang gak ada sedikit pun logika yang bisa menjawab pertanyaan itu…. Atau mungkin memang tidak ada hubungannya antara mahasiswa dan Profesor? Tapi kok kenapa mereka berada dalam lingkungan yang sama, yaitu lingkungan kampus? Apa gak ada semacam simbiosis gitu diantara mereka?

Aneh ya…. semakin dipikir, malah semakin gak masuk akal jawaban yang tak peroleh…. Sejatinya Profesor bisa memberikan nilai lebih ke mhs, tapi masak kenyataannya gitu??? Saya pikir, Prof atau gak ya sama saja nilanya ke mhs…

Yang pasti kalau sudah Prof ada kepuasan bagi si penyandang gelar. Ntah itu akan membawa keuntungan atau tidak buat mahasiswa, kayaknya itu bukan prioritas….. Jadi buat apa juga ngumumkan ke mhs atopun ke civitas akademika kalo ada Prof baru????

Desember 18, 2006 - Posted by | ke-kuliah-an

5 Komentar »

  1. Kalo zaman saya kuliah dulu, yang mengajarnya bergelar Prof. sudah pasti ilmu yang saya dapat lebih banyak dan banyak filosofinya, dan tahan mengajar depan kelas sampai 4 jam. Kalau sekarang Prof. sama pinternya sih dengan yang dulu, tapi beliau2 kelihatannya lebih semangat mengajar di Training / Pelatihan / Konsultan daripada di kelas reguler mahasiswa🙂. Tahan mengajar mahasiswa paling lama 15 menit dan tugasnya bejibun (ini sih di Bandung Cak🙂 ).

    Komentar oleh lenijuwita | Januari 5, 2007 | Balas

  2. # Ning lenijuwita : Kayaknya Surabaya akan ikut trend Bandung juga🙂

    Komentar oleh Alief | Januari 5, 2007 | Balas

  3. Sama juga di lembaga tempat aku kerja Om… katanya kita akan bertambah doktor-doktor baru, ternyata doktor dan profesor saat ini (ini sih di tempat kami….) masih bisa dipersamakan kekuatan intelektualnya dengan lulusan dibawahnya, yang tekun di disiplin ilmunya ….

    Komentar oleh poernamasyae | Mei 7, 2008 | Balas

  4. […] sumbangsih itu, dulu pernah aku pertanyakan dalam sebuah postingan, Apa untungnya Profesor buat mahasiswa?. Di postingan itu, aku bertanya-tanya, apa dampak positif yang dirasakan oleh mahasiswa jika jumlah […]

    Ping balik oleh Susahnya Profesor Berkarya « Blog cak alief | Desember 28, 2009 | Balas

  5. […] sumbangsih itu, dulu pernah aku pertanyakan dalam sebuah postingan, Apa untungnya Profesor buat mahasiswa?. Di postingan itu, aku bertanya-tanya, apa dampak positif yang dirasakan oleh mahasiswa jika jumlah […]

    Ping balik oleh Susahnya Profesor Berkarya « IJALISME | Januari 26, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

