Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Statistik Kuliahku Semester Ini

Hari Sabtu ini aku “lembur” di kampus untuk menyelesaikan koreksian UAS. Semester ini aku pegang 4 mata kuliah (MK) dan alhamdulillah mulai pagi sampai ashar tadi, semuanya telah “terhabisi”, lega rasanya🙂 Hasil penilaian UAS itu langsung tak masukkan secara online, sehingga bisa terlihat distribusi/ statistik nilainya. Berikut ini contoh distribusi nilai untuk MK Mekanika Kekuatan Material 2 (MKM 2).

ok nilai mkm2

Dari grafik itu bisa terlihat kalo hampir separo mhs di kelas MKM 2 ku dapat nilai A dan AB. Dan “hanya” 8 orang saja yang tidak lulus.  Rata-rata kelasnya juga lumayan baik, ada di kisaran nilai B. Ini untuk MK MKM 2, lha kalo untuk mata kuliah yang lain, wah kacau hasilnya… Gak sebaik ini.

Untuk yang mata kuliah Elemen Mesin 1 (Elmes 1) hasilnya paling buruk, meskipun itu sudah sesuai dugaan🙂 Perbedaan antara yang dapat nilai bagus dan yang nilai jelek sangat tajam, contoh ada yang UAS nya dapat 99,99 dan ada juga yang dapat 9. Statistiknya seperti ini

nilai elmes

Sedangkan untuk yang MK Menggambar Teknik (Gartek), hasilnya benar-benar di luar dugaan. Arek-arek mhs baru yang tak pikir seregep sinau (terbukti dari hasil UTS yang bagus-bagus), ternyata pas UAS nilainya jeblok-blok. Untung (bukan Pak Untung) distribusi nilainya masih cukup baik karena kebantu dari tugas gambar yang “segunung”.

nilai gatek

Dari statistik ini, sebagai dosen, saya sangat terbantu dalam hal melihat perkembangan hasil mhs dalam tiap semester, apakah mengalami kenaikan atau penurunan. Sehingga dari situ saya bisa evaluasi diri.

Contoh untuk MK Elmes 1, semester yang lalu, yang tidak lulus hanya 2 orang saja dan yang dapat nilai AB lumayan banyak. Gak seperti semester ini. Banyak yang gak lulus dan hanya 7 orang yang dapat A dan AB. Trus saya evaluasi diri… Apa penyebab penurunan tersebut???

Kayaknya emang semester ini saya “sering” tidak masuk kelas dengan banyak alasan :) Saya juga “jarang” kasih tugas, sehingga mhs kurang latihan soal. Asisten saya juga kurang “greget” ketika kasih responsi. Dan yang pasti, penyebab utamanya : mhs ne juga kurang “gairah” dalam belajar🙂 Emang yang paling gampang kan nyalahkan mahasiswa🙂

Ya mudah-mudahan aja evaluasi itu akan menjadi “bekal” yang berharga bagi saya untuk menyiapkan pengajaran MK semester depan sehingga bisa lebih baik, semoga… Bantu doanya ya.

Januari 13, 2007 - Posted by | ke-kuliah-an

2 Komentar »

  1. andai semua dosen seperti anda???

    Komentar oleh arul | Januari 14, 2007 | Balas

  2. # arul : jangan sampai Rul, ntar dosen2 sibuk ngeblog, dan lupa ngajar🙂

    Komentar oleh Alief | Januari 15, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: