Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Dosen pun Bisa Jadi Detektif

Hari ini aku capek banget. Mulai pagi sampe sore hari ini kerjaanku benar-benar menguras tenaga, tapi sangat mengasyikkan. Biasanya dosen kan kerjaane “cuman” nyiapkan bahan kuliah, ngajar, ngoreksi, ngasisteni dan neliti. Hari ini aku mengalami tugas dosen yang lain, yaitu jadi detektif. Sungguhan detektif lho ya.

Kayak cerita komik gitu, baik komik detektif Conan ataupun Kindaichi. Tapi kalo Conan dan Kindaichi kan lebih banyak menyelidiki kasus pembunuhan, kalo aku menyelidiki kasus dugaan korupsi di sebuah perusahaan. Seru banget pokoknya.

Aku dan seorang dosen senior dimintai bantuan oleh pak polisi untuk jadi saksi ahli permesinan. Tugasnya menyidik (apa sih bedanya meyidik dan menyelidiki, ada yang tau?) pembelian mesin-mesin baru di sebuah perusahaan. Apakah memang benar mesin itu perlu dibeli untuk menggantikan yang lama? kalo memang perlu, apakah mesin pengganti itu memang benar-benar baru dan didatangkan dari manufaktur sebenarnya di Eropa? Nah jawaban dari kedua pertanyaan itu adalah tugas saya sebagai ‘detektif’. Asyik kan? (asyik banget…..)

Sebagai dosen junior, memang pengetahuan saya masih minim dan kemampuan praktis saya masih kurang. Makanya kesempatan seperti ini saya bilang asyik, karena bisa menambah pengalaman untuk memperbaiki kedua kekurangan itu. Di samping itu, juga berkesempatan membantu negara dalam memerangi korupsi (bener gak ya?) 😀

Jadi meskipun hari ini capek banget, karena harus muteri pabrik, ngambil foto-foto mesin, tanya jawab dengan karyawan pabrik, diskusi dengan pak polisi, dll (sakjane gak secapek itu kok kerjaanku)😀 Aku sangat seneng banget. Apalagi berkesempatan ketemu dengan alumni Mesin yang bekerja di perusahaan. Cerita-cerita tentang masa lalu, dan tentunya menambah relasi🙂

Mungkin aku akan menjadi detektif ini sampai 2-3 minggu ke depan. Karena masih butuh kelengkapan dokumen dan foto-foto sebagai bukti di persidangan. Wah bisa-bisa ninggal ngajar iki….. (sori ya mahasiswaku)😀 Moga-moga aja semuanya lancar dan Allah swt memudahkan segala tugasku ini. Semoga… (tolong doanya ya…)

Februari 9, 2007 - Posted by | ke-aku-an |

14 Komentar »

  1. Siip mari saling bersilaturrahmi dan ‘memberi’ informasi. Salam kenal ya. Saya senang orang yang suka nulis dari ngomong doang. Slamat.

    Komentar oleh Ersis Warmansyah Abbas | Februari 9, 2007 | Balas

  2. cak judulnya salah ketik

    dapet bayaran berapa cak?

    makan-makan

    Komentar oleh grandiosa12 | Februari 9, 2007 | Balas

  3. ati-ati lo pak…jadi dosen mroyek…

    Komentar oleh arul | Februari 10, 2007 | Balas

  4. Kepercayaan yang diberikan jangan disia-siakan agar bisa ada kelanjutannya dapat profesi baru, tentu nambah kocek nih.

    Komentar oleh helgeduelbek | Februari 10, 2007 | Balas

  5. asiiiiiiiiiiiiiiikkkkk, kuliah libur😛

    Komentar oleh mardun | Februari 12, 2007 | Balas

  6. Selamat membantu tugas negara Pak. Semoga hasilnya berguna buat masyarakat.
    Apapun hasilnya, saya doakan, agar lancar selalu tugas anda. Amiinn

    Komentar oleh Arif Kurniawan | Februari 13, 2007 | Balas

  7. ko.. ko.. ngene tok tah? e alah.. ta’ kiro opo.. (katane Michan “paling mahasiswane disuruh moco, ben dapet nilai tambahan.. Moso’ dosen kok salah ketik, gak lutju gak diedit lagi..”)
    Image Headernya nanti ya.. sabar…

    Komentar oleh goodhyde | Februari 14, 2007 | Balas

  8. #grandiosa12 & goodhyde: sejak grandiosa bilang salah ketik, aku langsung cari, mana yang salah ketik???? gak ketemu. Trus Ning goodhyde bilang juga, masak dosen salah ketik, aku jadi bingung dan cek lagi pelan-pelan…. akhire ketemu! sakjane detektif yo, bukan defektif. Sialan, dasar dosen bloon ya aku ini…..😀

    Komentar oleh Alief | Februari 14, 2007 | Balas

  9. heleh.. tapi rasane emang yang belom diedit yang lebih cucok
    sesuai dengan pengakuan koh alip (bukan nama sebenarnya):
    Sialan, dasar dosen bloon ya aku ini…..
    ndak boleh marah lho, ko, salahe ngomong dewe..

    Komentar oleh goodhyde | Februari 15, 2007 | Balas

  10. Masalah utama dalam perkuliahan.
    Kalo dosen sibuk, kuliah ditiadakan.
    Coba kalau mahasiswa yg sibuk, terpaksa absen atau TA.
    Hiks!!!

    alief: hehe… kuliahnya bukan ditiadakan tapi diganti hari lain…🙂 Kalo di kelas saya, mahasiswa sibuk boleh gak masuk kok, gak perlu titip absen segala, maksimal saya kasih 4 kali kesempatan tidak masuk kuliah. Tidak akan pengaruh apapun ke evaluasi akademik dan nilai. Itu karena memang haknya mahasiswa untuk tidak masuk, maka dosen harus memfasilitasinya…

    Komentar oleh d-nial | Februari 19, 2007 | Balas

  11. Wah asyik jg yah jd detektif. Bisa jd sampingan tuh cak alief, bikin jasa detektif😀 khusus utk kasus korupsi hehe… Semangat cak, smg lancar dan hasilnya memuaskan🙂

    Komentar oleh dylin | Februari 20, 2007 | Balas

  12. mantap2… ntar nyambi jadi detektif swasta gitu mas… lumayan daripada mroyek…

    Komentar oleh Agus MU | Februari 28, 2007 | Balas

  13. Setahu saya (CMIIW), penyelidikan itu sebelum proses penangkapan atau persidangan sedangkan penyidikan itu ketika telah ada penangkapan atau berlangsungnya persidangan.

    alief: terima kasih atas pencerahannya cak. Berarti saya ini sekarang membantu pak polisi dalam penyelidikan bukan penyidikan.

    Komentar oleh Ahmad Ridha | Maret 1, 2007 | Balas

  14. Alangkah bagusnya bila cak alief daftarkan postingan ini di
    http://muhshodiq.wordpress.com/2007/02/28/pendaftaran-%e2%80%9ctop-posts%e2%80%9d-jan-feb-2007/
    pada kategori Self-Discovering dan kategori lain yang relevan.

    alief: insya allah cak.

    Komentar oleh M Shodiq Mustika | Maret 2, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

