Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Kuliah di ITS dengan Beasiswa Depag

Barusan saya berbincang-bincang dengan adik kelas, yang kebetulan juga mahasiswa saya :)  Pas lagi makan siang di cafe, dia dengan sopan permisi untuk duduk di depan saya. Dari wajah dan gaya bicaranya, saya tau mhs ini bukan sembarangan, meskipun sebenarnya saya gak tau dia itu sebenarnya mhs angkatan berapa???

Setelah beberapa kali tanya jawab dengan asyik, saya pun menanyakan, dia angkatan berapa? dan berasal dari mana? Ternyata dia itu masih mahasiswa baru, angkatan 2006, dan berasal dari Magelang. Ha?? Magelang, jauh banget… “Ngapain juga kok milih kuliah di ITS” tanya saya.

Ternyata (lagi) dia itu adalah salah satu mhs (dari 40 mhs di ITS) yang dapat beasiswa dari Departemen Agama (Depag). Untuk di Teknik Mesin sendiri, ada 3 orang mhs yang dapat beasiswa Depag. Menurut keterangannya, penerima beasiswa merupakan usulan dari pondok pesantren di wilayahnya, dan mendapat persetujuan dari SMU tempat dia sekolah.

Jadi tidak harus mondok di pesantren supaya dapat beasiswa Depag ini. Untuk kasus mhs itu, dia berdomisili di desa yang sama dengan pondok pesantren, dan kayaknya dia juga aktif di pondok pesantren tersebut. Kenapa yang diusulkan kok tidak dari pondok pesantrennya sendiri? Maklum lha, santri kan biasanya tidak sekolah sampai SMU… (ini opini pribadi)

Dia akan menerima beasiswa dari Depag sampai jangka waktu selama 5 tahun, dan setelah itu harus kembali ke pondok pesantren untuk mengabdi. Makanya selama kuliah, dia tidak hanya harus pandai dalam akademis (IPK maksudnya) tapi juga dalam skill ke-mesin-an, supaya bisa memberi ilmu dan pengalamannya ke pondok pesantren.

Kalo sampean bertanya-tanya, apakah kualitas mhs itu setara dengan lulusan SPMB? Saya tidak tahu jawabnya… Tapi kalopun tidak setara, mereka toh harus melewati masa percobaan selama 2 bulan sebelum perkuliahan dimulai, dan setelah itu ada test untuk menentukan apakah mereka bisa ikut kuliah di ITS atau tidak.

Bagi yang tidak lolos test,  harus melewati tahap matrikulasi selama 2 semester dan baru bisa menjadi mhs sesungguhnya tahun depan. Dengan catatan nilai matrikulasinya bagus-bagus. Kebetulannya, atau alhamdulillah nya, mhs yang ngobrol dengan saya itu adalah yang lolos test dan sudah berstatus mhs sesungguhnya. Sedangkan 2 temannya yang lain, masih harus melewati tahap matrikulasi.

Semoga saja mahasiswa itu (yang namanya Rosyid) dan teman-teman nya yang lain dapat mengikuti kuliah di ITS dengan baik, dan segera kembali ke pondok pesantrennya untuk mengabdi. Ini pun juga menunjukkan bahwa sejatinya sebuah Perguruan Tinggi dapat berperan bagi lapisan masyarakat manapun dengan ke-khas-an yang dimilikinya…

Maret 8, 2007 - Posted by | ke-"mesin"-an, ke-ITS-an

44 Komentar »

  1. wah mas saya santri juga lo, sekarang udah kuliah S2 di Singapore (sorry jadi narcist) :p

    alief: mmhhh… ada yang protes nih… afwan kabir ya cak umar.

    Komentar oleh Umar Faridz | Maret 8, 2007 | Balas

  2. di IPB juga ada (mulai 2005)
    dulu (2005) kupikir itu anak2nya petinggi Depag, soalnya pengumumannnya gak terbuka
    Pengumuman beasiswa ini scr terbuka baru kubaca yang angkatan 2006.
    jd yang 2005 tetep … kyknya masih anak2 pejabat depag

    *suudon*

    Komentar oleh Luthfi | Maret 8, 2007 | Balas

  3. Yah depag akhir2 ini getol membiayai mahasiswa untuk bisa kuliah, bahkan guru2 juga. cuman sayang tidak proporsional perbandingannya antara sekolah di wilayah tertentu dengan wilayah lainnya. Itupun kabarnya beasiswanya telat2. Payah, uangnya diparkir untuk dapat deposito dulu.

    Komentar oleh helgeduelbek | Maret 8, 2007 | Balas

  4. yah kebijakan Perguruan tinggi sekarang makin hebat aja… apa masih bisa dijaga kualitasnya…..yah???

    Oia…. saya tidak setuju dengan PJMnya ITS Penjamin mutu itu atau apalah namanya…..emang kualitas PT itu bisa dilihat hanya dari byk yg lulus 4 tahun dan IP yang tinggi?
    kalau memang 4 tahun tapi dipaksakan? dan IP tinggi jika tidak disertai kejujuran percuma… bangsa ini akan jadi bangsa terbelakang…. akibatnya seperti garuda terbakar itu cak….

    Komentar oleh arul | Maret 9, 2007 | Balas

  5. Segi positifnya, pondok pesantrennya nanti dapat diharapkan ikut membangun masyarakat dan umatnya secara ekonomis lewat mesin-mesin yang diciptakan.

    alief: amin.

    Komentar oleh Kang Adhi | Maret 12, 2007 | Balas

  6. Ya semoga juga dengan beasiswa tersebut, cita2 sang mahasiswa teraih. skill, iptek & imtaqnya. amin… moga2 juga ga terdepak ya… 🙂

    alief: amin (juga)

    Komentar oleh gunadi | Maret 13, 2007 | Balas

  7. hebat dong anak pon pes sekarang, oh ya untuk teman-teman tolong dong untuk perjuangan kami di PP Al- Falah ds. Sumberasri Kec. Purwoharjo, Kab. Banyuwangi, kami saat ini menggiatkan Pendidikan Sekolah yang inginnya kami biayai karena kondisi lingkungan daerah kami yang berada dibawah kemiskinan dan pendidikan yang rendah akan tetapi pendanaan yang kurang kuat karena donatur juga masih lemah

    Komentar oleh anang | Maret 20, 2007 | Balas

  8. aku punya adek kelas yang di terima lewat jalur pmdk depag. n katanya nilai bagus lo, so aku harapkan beasiswa ini akan selalu berjalan cos anak-anak pondok juga bisa berprestasi. buat Enggar tetap semangatnya buktikan bahwa anak pondok bukan anak yang bisa dinomor duakan. cayooo

    alief: semoga di tahun mendatang semakin banyak anak pondok yang diterima di ITS. Amin

    Komentar oleh arif | April 24, 2007 | Balas

  9. saya lagi bingung nyari beasiswa buat adik saya, yang baru lulus ujian bulan mei ini, bagaimana saya dapat memperoleh beasiswa buat adik saya, padahal dia sangat ingin melanjutkan studinya tapi terkendala dengan masalah dana, adagaksih perusahaan yang mau mempekerjakan sekaligus membiayayi kuliah bagi orang yang ingin melanjutkan kuliahnya.., tolong bantu saya
    terima kasih.
    tobi

    Komentar oleh TOBY | Mei 3, 2007 | Balas

  10. Maaf ya, angkatan 2005 itu bukan anak petinggi ato pejabat depag, soalnya saya salah satu angkatan 2005 itu, saya ada di IPB, dan saya bukan anak petinggi depag. OK

    Komentar oleh Yahman | Mei 10, 2007 | Balas

  11. # TOBY:
    cak Toby, saya pribadi kurang tahu perusahaan mana yang menerapkan sistem seperti itu. Tapi feeling education saya bilang, mestinya ada🙂 Silahkan sampean buka http://www.milisbeasiswa.com dan gabung di milis beasiswa@yahoogroups.com. Di sana sampean bisa tanya dan dpat informasi tentang berbagai beasiswa. Semoga berhasil….

    # Yahman:
    Terima kasih cak Yahman atas informasinya. Bagi Luthfi, Fi dimana kamu Fi….🙂 alhamdulillah suudon mu tidak terbukti, dan kuharapkan kamu segera merujuk pada yang benar (dalam kasus ini)🙂

    Komentar oleh Alief | Mei 11, 2007 | Balas

  12. Saya butuh info beasiswa s2 terutama bagi guru Depag

    Komentar oleh Lia | Juli 23, 2007 | Balas

  13. Assalamu’alikum
    saya juga salah satu anak yang dapat beasiswa depag di ITS. Seneng banget rasanya bisa kuliah di sini. Yang diterima di ITS tahun ajar 2007/2008 tambah banyak loo… Mohon do’a dari semua ya.. supaya kami bisa menuntut ilmu disini dengan baik … AMIN>>>

    Komentar oleh nurul | November 29, 2007 | Balas

  14. # Lia:
    mohon maaf belum bisa bantu…

    # nurul:
    sip. semoga kuliahnya lancar ya…

    Komentar oleh alief | November 29, 2007 | Balas

  15. dear all, saya siswa smk di tuban jurusan IT (TKJ). saya kepengen banget melanjutkan kuliah ke ITS, pi keadaan ekonomi keluarga saya kurang mampu. kira2 di mana saya bisa mendaparkan beasiswa untuk kuliah di ITS??

    thanx’z

    Komentar oleh mujabul marom | Desember 9, 2007 | Balas

  16. # mujabul:
    tiap tahun ITS punya program yang namanya PMDK berbeasiswa. Silahkan sampean daftar yang itu, biaya kuliah gratis dan per bulan dapat uang saku yang lebih dari cukup. Info monggo lihat di http://www.its.ac.id pas bulan2 dekat pendaftaran mahasiswa baru, mungkin sekitar Februari atau Maret.
    Kalopun masuk lewat SPMB, insya allah ada keringanan dalam membayar uang SPI di awal dan untuk tiap bulannya ada ribuan beasiswa yang bisa didaftar.
    Kuliah itu bukan mimpi, asalkan ada kemauan yang kuat dan usaha yang sungguh-sungguh serta diiringi doa tentunya. Good luck🙂

    Komentar oleh alief | Desember 10, 2007 | Balas

  17. mau tanya pendaftataran bea siswa di depag its surabaya itu kapan?………dan tolong jawab yang rinci dan jelaskan soalnya aq mau kuliah dengan bea siswa depag di sana.

    Komentar oleh muji | Januari 30, 2008 | Balas

  18. saya ingin sekali kuliah disana, tapi otak saya nyandak rak yo?

    Komentar oleh fauzi | Februari 3, 2008 | Balas

  19. Wah…saya mw tanya, emang kl beasiswa depag hrs mengabdi ke pesantrennya lagi y’..???

    Komentar oleh ravigne | Februari 5, 2008 | Balas

  20. enak lho kuliyah di its udah dapat biasiswa n uang saku lagi……………………………………………………………………….

    Komentar oleh nuyas | Februari 13, 2008 | Balas

  21. Waouw… Buat mas ROsyid sang mahasiswa ITS. Maju tyuZzz. Chayo!!

    Komentar oleh dek umi | Februari 15, 2008 | Balas

  22. mas alief,saya juga ikut tes beasiswa pondok pesantren,tolong bantu doa ya?siapa tau bisa masuk…amin

    Komentar oleh abdulloh | Februari 24, 2008 | Balas

  23. dulu saya mencari beasiswa depag. tapi secara persyaratan ternyata saya sudah telat (karena lulus satu tahun sebelumnya) saya pikir informasi tersebut tidak tersebar secara luas di kalangan masyarakat. jadi terkesan ditutup-tutupi. biarpun begitu saya bangga dengan adik kelas saya. Azam / jurnalis namanya, saya berdo’a semoga dia tetap semangat meskipun jauh dari tema-teman di semarang.

    Komentar oleh ahmad rofik | Maret 20, 2008 | Balas

  24. mas dimana sich klo nyari data2x yang diterima di its. syukron katsiron bil khoir

    Komentar oleh hafid | April 11, 2008 | Balas

  25. hy saya ank SMKN 1 jetis mojokerto dan tidak mampu tapi saya berprestasi,n keinginan saya untuk kuliah sangat besar apakah saya bisa dapat beasiswa dari ITS,ITB dll.dan bagai mna caranya?

    Komentar oleh mujio | April 12, 2008 | Balas

  26. aya berminat mengambil pasca sarjana jurusan pendidikan anak usia dini. Gimana caranya? Makasih tuk informasinya!

    Komentar oleh ANI | April 13, 2008 | Balas

  27. ass.bagaimana caranx mendapatkan beasiswa depeg
    mksh….?
    wass

    Komentar oleh hajzami | April 18, 2008 | Balas

  28. assalamu Alaikum Wr.Wb
    Mohon infonya beasiswa depag tahun 2008?apa syaratnya dan kapan pelaksanaannya?Syukron..Akh.
    Ramlan Mahmud, S.Pd.
    Kampus UNM Parangtambung Makassarr
    Sulawesi-Selatan 90224

    Komentar oleh Ramlan_Mkz | April 20, 2008 | Balas

  29. ass.tolong siapa aza yg lulus beasiswa depag tahun 2008 di its

    Komentar oleh abduh | April 28, 2008 | Balas

  30. asyik banget yang dapat bea siswa y
    btw boleh tau biaya kul tahun lalu g
    soal y aq ada rncana kul disana
    tolong konfirmasikan kmbli ke aku y
    thanks

    Komentar oleh taufik | April 29, 2008 | Balas

  31. ass…,
    buat kakak kakak senior doakan ya bisa keterima di its….. amiin….
    wass..

    Komentar oleh phiphi | April 30, 2008 | Balas

  32. assalam…

    aduh denger kabar-kabar dari antum sekalian ana jadi pengen juga dapet beasiswa depag…sekarang ana baru kelas 2 MA…mudah-mudahan aja tahun depan ana bisa masuk dech..amin…
    oia, gimana nih caranya biar sukses di dunia perkampusan dan persiapan apa aja yang dilakukan pas ikut beasiswa????….blzx bisa ke fs ana faz_qiut@yahoo.com

    salam ukhuwah ya…
    syukron…

    Komentar oleh ana_abir | Mei 12, 2008 | Balas

  33. thank’s atas informasinya

    Komentar oleh doez | Mei 15, 2008 | Balas

  34. alhamdulillah saya sudah lolos tes pmdk depag its 2008 bid. studi tknk mesin. mau tanya tentang matrikulasinya itu kayak gimana?

    Komentar oleh darmawan | Mei 26, 2008 | Balas

  35. assalam.,saya mau cari informasi tenteng beasiswa,tapi untuk seluruh mahasiswa yang ada di indonesia,bukan yang hanya di its.,selain di alamat http//groups.com.apakah ada??

    Komentar oleh atik | Agustus 14, 2008 | Balas

  36. assalam..,

    kayakx enak 2 dapet beasswa depag.,

    doain ane yaw.,.!!!

    Komentar oleh novi | Agustus 21, 2008 | Balas

  37. anjing gw jg mwu donk cra’e gmn?

    Komentar oleh btx | Oktober 11, 2008 | Balas

  38. Ass.q achmad dr smk 1 jetis.
    Q mau tau gmn cr dptn beasiswa tuk kuliah di its?
    Tlng dblz

    Komentar oleh Achmad | November 1, 2008 | Balas

  39. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Afwan ya akhi, saya siswa Aliyah kelas XI IPA, saya mau tanya gmna cara dapat beasisiwa?
    sebenarnya banyak siswa yang mempunyai bakat dan IQ yang bagus tapi karna hanya soal biaya mereka jadi tidak meneruskan sekolahnya. jadi tolong mas cariin beasiswa,
    Syukron
    Wassalamualaikum

    Komentar oleh Fuady Hanief | Desember 7, 2008 | Balas

  40. Assalamu’alaikum….

    aq Nunuk, mas dari SMAN 2 Lamongan.
    boleh tanya g?
    ketentuan ikut beasiswa ITS dibiayai Depag itu caranya gimana?
    kalo bisa tolong dibales lwt e-mail ku ya…
    makasih…

    Komentar oleh NUNUK ISMA | Januari 2, 2009 | Balas

  41. mas alief tanyain donk ke orangnya..
    gampang gak seleksi beasiswa depag nya??

    thx

    Komentar oleh daeng m feisal | Februari 17, 2009 | Balas

  42. assalamualaikum.wr.wb
    kaka aliff tlong q minta nomere/email yg bs dihubungi, nak ponpes yan ikut beasiswa depag,,,plizzz bet ya kaka,q sangat menantikannya….
    afwan lam knal ryan di kebumen,telp 085743519658
    wassalam……..

    Komentar oleh onkyy | Maret 6, 2009 | Balas

  43. ass…

    q pingin masuk ITS…

    pa lagi jurusan TI nya????

    kira2 biayanya low ikt smpb brp????

    kira2 biayanya low ikt pmdk jg brp????

    ato kira2 da gak ya beasiswa bwt jurusan 2….

    Komentar oleh bayu | Maret 28, 2009 | Balas

  44. saya pengen tau kalo program beasiswa gratis dari depag untuk kuliah di ITS caranya gimana yah?????????
    tolong kasih info secepatnya ke 081903261929.
    makasih……..

    Komentar oleh M. IBNU NASIHIN RIYADI | Oktober 23, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

