Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Indonesa atau Indonesia ?

Ini postingan asal, tapi cukup penting🙂 Pas lagi nge-google dengan kata kunci mobil kancil, kok saya ke-liat-an tulisan Indonesa. Trus jadi kepikir sesuatu: Ketika mengeja kata In-do-ne-sia, apakah sampean selalu pas/lengkap dengan ejaan -sia- nya? Atau hanya menjadi In-do-ne-sa?

Cek dengan kalimat ini: Indonesia adalah negara kepulauan dan di Indonesia lah saya lahir serta dibesarkan…. (Gimana Indonesia atau Indonesa?)

Kalo saya pribadi jarang sekali (hampir tidak pernah) mengeja dengan In-do-ne-sia, karena lidahnya sudah ke-enak-an untuk mengeja Indonesa saja. Toh kan tidak ada aturan resmi dalam bahasa Indonesa bahwa : Indonesia tidak boleh dieja dengan Indonesa…🙂

Menurut sampean?

Maret 29, 2007 - Posted by | ke-hidup-an

14 Komentar »

  1. jarang sekali ada yang mengucapkan secara lengkap in-do-ne-sia cak. yang sering en-do-ne-sa ini lebih hemat energi dalam pengucapan: endonesa. lah yo-opo?😀

    Komentar oleh helgeduelbek | Maret 29, 2007 | Balas

  2. wah kalo sama penyanyi itu wajib bedakan antara sia dan sa…..
    ingat bien… waktu disuruh nyanyi :Indonesia Raya: waktu SMA…. wajib bedakan antara antara ‘Sia’ dan ‘Sa’….

    hikz…🙂

    walau pelafalan mulut kita sering mau menyebut Indonesa tetapi sy tetap berusaha selalu berlafalkan Indonesia…
    🙂

    Komentar oleh arul | Maret 29, 2007 | Balas

  3. kalo dilafalkan memang seringnya jadi indonesa. tp kl pas nyanyi Indonesia Raya jadi endonesia😀 walopun pelafalan beda2 tp tulisannya hrs tetep indonesia yah.

    Komentar oleh Lintang | Maret 30, 2007 | Balas

  4. gimana ya kalo kemampuan berbahasa indonesia kita diukur juga dengan semacam TOEFL. kesalahan semacam itu akan jarang terjadi, ato mungkin kita malah makin lama lulusnya ( english toefl and indonesian toefl)

    Komentar oleh the other | Maret 30, 2007 | Balas

  5. “Sia” dalam bahasa sunda berarti “kamu”, tapi ini termasuk kata yang sangat kasar. Sepertinya, Indonesa deh…

    Komentar oleh mathematicse | Maret 30, 2007 | Balas

  6. nek endonesa ki wong jowooo, nek wog Indonesian yo Indonesia… apik yo jenenge… lali aku asale sansekerta yo?

    Komentar oleh Evy | Maret 30, 2007 | Balas

  7. @ smua yg ada di atas gw
    gw juga setuju nih, dipikir2 negara kita itu kan bernama Indonesia (pk huruf I awalnya)
    tp klo udah diucapin knapa jd Endonesia (pk huruf E awalnya) yach…😉

    mungkin pak sby tau, cak?😀

    Komentar oleh Chandra | Maret 30, 2007 | Balas

  8. endonesa wae🙂

    Komentar oleh Luthfi | Maret 30, 2007 | Balas

  9. cak alief..
    kalo pemisahan kata indonesia adalah : in-do-ne-si-a mungkin nggak bakal keluar kata indonesa…

    Komentar oleh antobilang | Maret 30, 2007 | Balas

  10. wah kok gak penting gini…..

    Komentar oleh candra | Maret 31, 2007 | Balas

  11. Indonesia, Indonesa, Endonesa, rasane podho wae, yo ngene iki.

    Komentar oleh peyek | April 1, 2007 | Balas

  12. Aku orang éndonésia yang lahir di mBanjarnegara dekat mBanyumas

    Komentar oleh deKing | April 3, 2007 | Balas

  13. kalo endonesah?
    ato endonesyah
    ato endosiar
    *lha malah ngaco*

    Komentar oleh dnial | April 10, 2007 | Balas

  14. seringnya sih sy bilang ‘endonesia’, bukan ‘indonesa’… soalnya abis adzan + qomat pas sy baru lahir, bapak sy ga nyebutin “nak.. kalo bilang harus bener yah… in-do-ne-sia”…😀

    Komentar oleh NeeN | April 11, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: