Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Lagi, Mesin Podium di LKTM Pendidikan

Tahun ini Teknik Mesin kembali berhasil menjadi 3 besar LKTM bidang pendidikan tingkat ITS. Kali ini yang berkesempatan menjadi jawara adalah cak Yulian (angkatan 2005), ning Fitri (2006), dan cak Fajar (2006). Mereka menjadi juara II dengan karya tulis tentang pentingnya sekolah di alam untuk meningkatkan Multiple Intellegensi anak SD. Sebuah prestasi yang luar biasa, mengingat mereka masih terhitung maba dan juga mampu mengungguli mhs jurusan lain yang sudah biasa langganan juara LKTM dan PPKM.

Prestasi ini merupakan sebuah bukti bahwa LKTM Pendidikan ITS adalah miliknya Teknik Mesin. Karena sejak tahun 2001 sampai 2007, Teknik Mesin tidak pernah absen menjadikan mahasiswanya masuk 3 besar.

Hal ini mungkin terjadi karena di sini, banyak dosen yang memang care dengan pendidikan, bukan hanya mroyek dan ngajar tok. Mereka dengan suka hati mengarahkan dan membimbing mahasiswa-mahasiswi yang berminat menulis tentang pendidikan

Diantara para dosen itu, ada nama Dr Bobby Oedi yang peduli dengan kesetaraan PTN dan PTS, Prof Djoko Sungkono yang bergelut di bidang kewirausahaan, Dr Herman Sasongko yang menggalakkam peran laboratorium dalam kampus, dan Dr Abdullah Shahab, ustadnya Teknik Mesin.

Selain nama-nama di atas, banyak juga dosen lain yang mau dan mampu diajak diskusi oleh mahasiswanya tentang pendidikan. Diskusi bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruang kelas. Asalkan mahasiswanya menunjukkan minat yang besar, pasti dosen senang dan bersedia untuk diskusi.

Suasana semacam itulah yang memungkinkan tiap tahun selalu muncul mahasiswa terbaik sebagai juara LKTM Pendidikan di ITS. Di tahun 2001, ada nama Vivin dan Hans yang menulis tentang kesetaraan PTS dan PTN dalam memenuhi lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Tahun 2002 dan 2003 ada Alief dan Retti yang membahas tentang pembiayaan pada PT-BHMN. Tahun 2004 giliran Ubaidillah dan Bayu yang mengangkat topik pemborosan di PT kedinasan, semacam STPDN.

Kemudian ada Taufik dan Andra di tahun 2005 yang membahas tentang mentoring di SMU Jakarta sebagai upaya mengurangi tawuran pelajar. Tahun 2006 kemaren, kembali Ubaidillah dan beberapa mhs baru menjadi juara, dengan mengangkat topik mata kuliah kewirausahaan di PT. Terakhir, tahun 2007, trio Yulian, Fitri, dan Fajar yang menjadi juara II dengan menulis tentang sekolah alam untuk meningkatkan Intellegensi anak SD.

Meskipun selalu juara dalam 7 tahun terakhir, namun prestasi itu hanya di tingkat ITS. Teknik Mesin belum mampu menembus sampai tingkat nasional, paling banter hanya di tingkat rayon C. Sedangkan kalo di tingkat nasional hanya numpang lewat menjadi finalis saja. Sebuah PR besar bagi Teknik Mesin, supaya tidak disebut sebagai jago kandang🙂

Semoga di tahun-tahun mendatang, kerja bersama yang telah dibangun oleh Himpunan, dosen, dan institusi Teknik Mesin dapat memperoleh prestasi yang lebih baik. Vivat Mesin, Mesin uber alles (3x).

Mei 11, 2007 - Posted by | ke-"mesin"-an

5 Komentar »

  1. Semoga menjadi cikal bakal prestasi selanjutnya….dan ITS juga loh…..

    ayo dong cak alief, mahasiswanya selalu diajak nulis dan terus menulis lg……..

    Komentar oleh arul | Mei 12, 2007 | Balas

  2. berita yang menggembirakan, ya moga Uber Allenya jangan hannya di ITS saja, Lebih mendunia….

    Komentar oleh candra | Mei 12, 2007 | Balas

  3. Hee..judule tak pikir tentang penemuan mesin pembuat podium di LKTM Pendidikan..ya..maklum lah..memang bukan otak peneliti…heeee,..

    Komentar oleh TheGoeh | Mei 20, 2007 | Balas

  4. Hatrik 3 kkomen sekaligus di tiga posting berbeda
    hhahahahhaha
    ciri PNS sejati kalo ngasih komen telat melulu heheh
    lho kok OOT sich terpengaruh baca tulisan sesudah ini hehehhe
    Untuk posting ini komennya
    SELAMAT … GOOD WORK

    Komentar oleh kangguru | Mei 24, 2007 | Balas

  5. # arul:
    iya ya… sabar donk ah…😀

    # candra:
    lebih mendunia… harus itu! makasih.

    # TheGoeh:
    hehehe… bisa jadi ide yang cemerlang itu; mesin pembuat podium😀

    # Kangguru:
    terima kasih

    Komentar oleh Alief | Mei 24, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: