Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Beda UN di Indonesia & Taiwan

Kalo UN di Indonesia banyak dikecam, laen ceritanya di Taiwan. Di sini UN terus-menerus dielu-elukan oleh banyak orang. ‘UN for Taiwan‘, gitu slogan yang banyak didengung-dengungkan oleh masyarakat Taiwan. Gak percaya??? Lihat deh foto di bawah ini ‘UN for Taiwan peace forever’. Bandingkan dengan foto sebelahnya ‘Kami tak sanggup UN sekarang’. Sama-sama pelajar yang demo, tapi beda persepsi tentang UN. Emang apa sih bedanya UN di Indonesia dan di Taiwan?

*)

Ya jelas beda lha rek🙂 Kalo di Indonesia, UN (Ujian Nasional) dikecam karena dari tahun ke tahun keberadaanya semakin ‘liar’. Masalah demi masalah silih berganti datang, dan hebatnya tidak kunjung ada penyelesaian. Sedangkan di Taiwan, UN (United Nations) begitu didambakan karena sebagai pengakuan de-jure keberadaan Taiwan di kancah Internasional. Maklum selama ini Taiwan kan masih sebagai ‘propinsi yang memberontak’ nya Cina🙂

Di Taiwan sendiri sebenarnya ada masalah juga tentang UN. Masalah yang sering terdengar adalah nama yang dipakai untuk gabung ke UN. Apakah pakai nama Taiwan ataukah pakai nama Republic of China. Kalo koalisi hijau, yang pro-kemerdekaan lebih memilih pakai Taiwan. Sedangkan kalo koalisi biru, yang senang dengan status quo, lebih cenderung memakai nama Republic of China.

Tapi biar bagaimanapun, kayae UN di Indonesia tetap lebih banyak masalahnya deh🙂 Tak coba ingat-ingat ya, apa aja masalahnya UN di Indonesia:

  • Awal diadakan, dianggap tidak sejalan dengan KBK, banyak diprotes tapi jalan terus karena UN adalah keinginan JK. Katanya JK, UN untuk melatih siswa supaya mau kerja keras, JK mbandingkan dengan Singapore dan Vietnam.
  • Setelah diadakan, banyak dijumpai kecurangan terstruktur oleh pihak sekolah untuk jaga gengsi sekolahnya. Apakah itu dengan bancaan memberi kunci jawaban ke siswa ataupun membocorkan soal UN.
  • Setelah nilai dikeluarkan, ternyata banyak yang dikatrol. Ngatrolnya tidak adil lagi, mungkin kalo gak dikatrol banyak yang gak lulus kali…
  • Setelah pengumuman, ada siswa yang protes karena gak lulus UN. Cerita-cerita sedihnya bolak-balik mengisi halaman koran dan slot berita di TV
  • Sudah tahu banyak yang gak lulus, standard nilai malah dinaikkan. Supaya lebih kerja keras lagi katanya…
  • Beberapa guru yang tidak mau ‘kompromi’ ketika njaga UN, mencoba menyuarakan kata hatinya. Tapi malah dipecat sama sekolah. Katanya diusut, gak tau sekarang sampai mana (k)usut nya🙂
  • Sudah tahu banyak masalah. Sekarang malah mau tambah pelajaran dan anak SD juga harus ikut UN. Padahal tahun ajaran ini sudah berjalan separuhnya.
  • Tahun 2009, kalo JK tidak jadi Presiden ataupun Wapres. Menteri Pendidikan pasti ganti. Maka dipastikan UN pun akan diganti lagi kebijakannya. Atau bisa juga dihapus. Kan laen menteri, laen kebijakan. Padahal itu tentang pendidikan lho… Yang katanya investasi bangsa…
  • Ada yang mau nambahi???🙂
*) Foto diambil dari flickr, makasih buat yang nyantolkan fotonya🙂

November 20, 2007 - Posted by | ke-hidup-an, ke-taiwan-an

10 Komentar »

  1. jd yg dibahas ygmana nih?😀 .. tp emang negri ini tidak pernah konstan dgn kebijakan pendidikannya :keluh:

    Komentar oleh didut | November 20, 2007 | Balas

  2. Lha persepsi atas bahasa yang dipakai juga berbeda kok.. UN-nya udah beda..
    Ya karena beda itulah.. UN di Indonesia selalu berbeda-beda..
    Maksudnya beda-beda caranya supaya bisa banyak yang lulus😀

    Komentar oleh Arief Fajar Nursyamsu | November 20, 2007 | Balas

  3. baca koment diatas
    jadi ga bisa koment
    ngakak ajah😆

    Komentar oleh ordinary | November 20, 2007 | Balas

  4. UN ditambah mata pelajarannya di protes? padahal gue aja dulu 6 mata pelajarna ngak masalah.
    aduh siswa sekarang terlalu manja yah.
    IMO

    Komentar oleh GRaK | November 20, 2007 | Balas

  5. beda orang indo dan taiwan. beda target yaaa

    Komentar oleh Imam Mawardi | November 20, 2007 | Balas

  6. wah bedanya jauh ya cak!
    UN taiwan mengedepankan kebangsaan,
    lha UN disini kira-kira mengedepankan apa ya?
    kebangsatan?, ops!

    Komentar oleh peyek | November 20, 2007 | Balas

  7. tak kirain UNiversitas .. wkk

    Komentar oleh nRa | November 21, 2007 | Balas

  8. padahal mestinya keberadaan UN itu ya buat Untungin Negara ya?
    tapi kalo kaya gitu, siapa yang untung?🙂

    Komentar oleh SQ | November 21, 2007 | Balas

  9. # didut:
    kalo konstan bukan Indonesia namanya…🙂

    # arief:
    hehe… berbeda-beda tetap beda juga kan?

    # ordinary:
    memang cak arief itu bikin ngakak, kaya’ Kirun🙂

    # GraK:
    kadang saya juga berpikiran sama seperti sampean…🙂

    # imam:
    beda pendapatan juga…🙂

    # peyek:
    ketika gaya ke-gresik-an nya mulai… ke-bangsat-an lha yg diungkap-ungkap😀

    # nRa:
    Terlalu serius rek lek bahas beda UNiversitas di Taiwan dan Indo😀

    # SQ:
    Yang untung sapa? Uuuudahtau Nanya….😀

    Komentar oleh alief | November 21, 2007 | Balas

  10. wwkwkkwkwkwk, gokil tuhh gambarnya…. ;v

    Komentar oleh pengertian ideologi | Februari 7, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: