Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Liquid yang Bergerak Ke Atas

Video di atas adalah cuplikan TV show tahun 1967 tentang “The Liquid can Flow Uphill” Sangat menarik, karena selama ini yang kita saya tahu adalah liquid selalu bergerak ke bawah. Atau kalaupun bisa ke atas, butuh alat bantu semacam pompa. Tapi dari video itu ditunjukkan bahwa ada jenis liquid yang bisa bergerak ke atas (flow uphill).

Tokoh utama dalam video tersebut ialah Prof James dari Mechanical & Industrial Engineering, University of Toronto, Canada. Saat acara TV show itu, beliau masih berstatus sebagai mahasiswa graduate di Caltech, US. Saya menemukan websitenya secara tak sengaja ketika search google Profesor di Canada yang pakar di bidang biomechanics.

Penelitian terbaru dari Department of Physics, University of Oregon, US menunjukkan bahwa water (air) pun bisa juga bergerak ke atas (flow uphill). Fenomena itu terjadi berkaitan dengan kondisi film boiling atau Leidenfrost effect. Selengkapnya silahkan klik link berikut Self Propelled Liquid Droplets.

Ketika melihat kedua video di atas, pikiran saya langsung terbayang ke kelas perkuliahan. Alangkah nikmatnya kuliah Mekanika Fluida dan Perpindahan Panas kalo juga ditunjukin video-video itu. Sehingga menambah daya imajinasi dan mungkin juga semangat kuliah bagi mahasiswa…

Atau mungkin dijadikan tugas mandiri untuk kemudian didiskusikan dalam kelompok tentang fenomena ‘aneh’ tersebut. Karena secara teori dan prinsip, tentulah pelajaran Mekanika Fluida dan Perpindahan Panas telah mencakupnya. Sehingga diskusi pun bisa melatih daya pikir mahasiswa untuk meningkatkan sense of engineering-nya.

 
Referensi:

Desember 10, 2007 - Posted by | ke-"mesin"-an, ke-science-an | , , , , , ,

3 Komentar »

  1. Ada hubungannya dengan fisika kuantum nggak ya? Setahu saja, dalam fisika kuantum, kemungkinan sesuatu untuk ‘bergerak’ berlawanan arah itu ada, meskipun sangat kecil.

    Komentar oleh Donny Reza | Desember 10, 2007 | Balas

  2. Wah unik nih….. bagus videonya.. Saya baru tahu ada liquid semacam ini…😀

    Komentar oleh mathematicse | Desember 11, 2007 | Balas

  3. ternyata ada ya
    *baru tahu*
    bagus juga tuh disebar luaskan, memperkaya sudut pandang kita selama ini kan

    Komentar oleh ordinary | Desember 12, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: