Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Contoh Surat Cari Profesor

Beberapa orang teman menanyakan ke saya, “gimana sih cara dapat rekomendasi Profesor dari luar negeri untuk aplikasi beasiswa???”

Jawaban saya singkat, cari dulu Profesor siapa yang dituju, lihat CV-nya, dan kalo tertarik, segera kirim surat ke Profesor tersebut. Lalu teman saya bilang: “Surate isinya apa? Formal atau tidak formal?” Dan bermacam pertanyaan laen yang akan berhenti ketika saya bilang: “Ini lho tak kirimi contoh surat yang aku buat”😀

Ya memang kesulitan seperti itu juga yang saya jumpai dulu ketika mau mengawali kontak dengan Profesor. Cari profesor dan liat CV-nya itu pekerjaan yang gampang di jaman internet seperti sekarang. Tapi kalo dah untuk kirim e-mail ke Profesor, waduh deg-degan dulu…🙂

Sampai kemudian saya dapat contoh dari teman lain, dan kemudian saya modifikasi menjadi sebuah template standard surat untuk Profesor. Jadi kalo nemu Profesor yang risetnya bagus dan saya tertarik, maka saya langsung kirim e-mail ke beliaunya.

Standard surat saya terdiri dari 4 hal:

  • Paragraf pertama perkenalan singkat tentang diri saya.
  • Paragraf kedua bilang kalo dah liat website Profesor dan tertarik pada risetnya tentang bla-bla-bla-bla.
  • Paragraf ketiga bilang kalo mau daftar beasiswa XXX dan ingin bergabung ke labnya kalo ketrima beasiswa itu, makanya pingin diskusi dulu.
  • Paragraf keempat menceritakan sekilas kemampuan yang saya miliki yang kira-kira sejalan dengan riset beliau.

Dengan surat standard cak alief itu, saya sudah berkirim surat ke 10 Profesor dari bermacam negara. Memang tidak semuanya kasih balasan, yang kasih balasan pun kadang juga malah membuat saya bingung…🙂

Tapi alhamdulillah akhirnya dapat juga balasan dari Prof C.K Chao bahkan sampai dapat surat rekomendasi dari beliau. Meski harus bersurat-suratan sebanyak 3-5 kali. Sehingga dengan takdir Allah swt, surat rekomendasi itu menurut saya cukup membantu untuk mendapatkan Taiwan Scholarship.

Berikut ini adalah link file: Contoh Surat Cari Profesor. Kemudian ini adalah file revisinya dari nurzj: Dear Prof_rev1

Silahkan didownload dan semoga bermanfaat.

Januari 15, 2008 - Posted by | ke-beasiswa-an, ke-kuliah-an

34 Komentar »

  1. Selamat, tentunya turut berbahagia,
    Wah sangat bermanfaat sekali bagi yang memerlukannya,

    He he, kalo saya ya paling cuma blogwalking, kasih komen, tunggu balas komen kita, dapet dah( paling2 salam kenal lagi),
    He he,

    Salam,

    Komentar oleh rumahkayubekas | Januari 15, 2008 | Balas

  2. trims Cak😀

    Komentar oleh Luthfi | Januari 15, 2008 | Balas

  3. Cuma bantu sebarin info kompetisi berhadiah untuk para blogger, Pass The Torch, dari web ini http://www.hitmansystem.com/index.php?news=144

    Komentar oleh ronny | Januari 15, 2008 | Balas

  4. Wah, jadi ingin dapat beasiswa…

    Komentar oleh Emanuel Setio Dewo | Januari 15, 2008 | Balas

  5. wah berbagi ilmu nih cak..
    terima kasih cak🙂

    Komentar oleh aRuL | Januari 15, 2008 | Balas

  6. info yang bagus banget !!! dicoba ah saran2 nya..

    Komentar oleh andi bagus | Januari 16, 2008 | Balas

  7. selamat cak Alief
    info ini sangat berguna bagi yang ingin mendapatkan scholarship dari luar..

    utk yg di Indonesia, apakah bisa mendapatkan rekomendasi juga hanya dengan surat2an?

    Komentar oleh daengrusle | Januari 16, 2008 | Balas

  8. Makasih info dan saran2nya.. bagus banget untuk dapat beasiswanya.. mudah2an dapat beasiswa.. amin

    Komentar oleh gempur | Januari 16, 2008 | Balas

  9. Cak Arief,

    Cuman mau koreksi sedikit tuh surat yang ke profesor yang sampeyan buat. Sepertinya ada beberapa kesalahan grammar yang menurut saya sangat fatal.

    Sebaiknya, mohon dikoreksi secara teliti sebelum disebar ke publik.

    Sepurane sing akeh, Cak….

    Komentar oleh Maxime COMBES | Januari 17, 2008 | Balas

  10. # Maxime COMBES:

    Terima kasih atas koreksiannya. Saya memang tidak memperhatikan grammar dari surat itu… Karena saya memang kurang begitu pakar dalam grammar. Tolong dong sampean kasih tahu mana yang salah, dan bagaimana benarnya… Supaya teman-teman yang laen tidak mengikut kesalahan grammar itu.

    Buat teman-teman yang laen, baca dan revisi lagi ya surat itu, jika menurut sampean ada yang kurang tepat. Kalopun pakai surat itu, insya allah Profesornya tetap ngerti kok maksute, hehe…

    Salam beasiswa.

    Komentar oleh alief | Januari 17, 2008 | Balas

  11. IMHO, kaya’nya emang ada beberapa kesalahan grammar dalam surat tersebut. Karena kemampuan bahasa Inggris saya juga pas-pasan, mungkin saya cuma bisa tau beberapa, diantaranya:
    Paragraf 1:
    – “2nd biggest” ditambah “the” di depannya, jadi mungkin lebih manis bila “the second biggest institute of technology ..”

    Paragraf 2:
    – “I have opened your website, and interested..” sepertinya 2 frase yang tidak setara tetapi dihubungkan dengan “and”. Mungkin lebih baik “I have opened your website and I’m interested..” atau gimana ya..? saya juga ragu2.. :p
    – “I also was read…” g usah pake “was”, tapi “read” aja, karena V2 dari “read” adalah “read” juga, cuma cara bacanya beda.

    Paragraf 3:
    – “I have planning to pursue ..” sepertinya salah. Lebih tepat bila “I’m planning to pursue..” atau “I’m looking forward to pursuing..”
    – kalimat selanjutnya saya juga ragu-ragu..

    Paragraf 4:
    -“For your considered ” harusnya “For your consideration”
    – “my final project is about numerical..” mungkin lebih baik bila “my final project/assignment was about numerical..” atau “my final project/assignment topic was numerical ..”
    – “Beside that’s I also ..” menurut saya ini salah, tapi saya juga masih ragu-ragu yang bener gimana. Mungkin “Besides, I also..”.

    Mungkin ada yang bisa mengoreksi lebih baik?

    Komentar oleh nurzj | Januari 17, 2008 | Balas

  12. # nurzj:

    Alhamdulillah. Terima kasih banyak mbak/mas nurzj…

    Ntar habis selesai ujian saya koreksi lagi deh, trus saya buat revisinya. Sekali lagi terima kasih.

    Mungkin teman lain ada yang bisa kasih koreksi lagi? Monggo…

    Komentar oleh alief | Januari 17, 2008 | Balas

  13. Cak Alief,

    Untuk level pendidikan pasca sarjana, kesalahan grammar ataupun struktur yang telah Anda lakukan adalah SANGAT FATAL.

    Saya kurang setuju kalau Anda berpendapat bahwa “..yang penting profesor ngerti maksudnya.” Kalau prinsip itu yang Anda digunakan di dalam penulisan thesis atau jurnal, saya rasa Anda akan MATI.

    Untungnya, Anda di Taiwan bukan di negara berbahasa Inggris. Jika Anda lakukan kesalahan macam itu di UK misalnya, maka paper yang Anda ajukan ke profesor untuk dinilai akan langsung dikembalikan ke Anda dengan banyak coretan di sana-sini. Profesor pun akan kebingungan memahami apa yang Anda tulis.

    Percayalah, ini pernah terjadi pada saya juga beberapa kali.

    Banyak belajar aja dulu, Cak…

    Seperane sing akeh pisan maneh….

    Komentar oleh Maxime COMBES | Januari 18, 2008 | Balas

  14. salah grammer salah struktur dkit2 wes gapopo…

    suwun cak, tahun ngarep lagi pengen nyoba golek beasiswa maneh…

    nyuwun bantuan doane cak…

    Komentar oleh quanta | Januari 18, 2008 | Balas

  15. # Maxime Combes:

    Ok Ok. Saya memang sudah melakukan kesalahan yang sangat fatal. Sekali lagi saya minta maaf untuk itu. Dan atas perbaikan yang dilakukan oleh saudara Nurzj saya sudah revisi suratnya.

    Nah saudara Maxime Combes, apakah masih ada yang salah dan perlu diperbaiki lagi di surat tersebut? Monggo sampean kasih masukan revisiannya. Saya sangat menunggunya…

    Terima kasih dan salam ke-beasiswa-an

    Komentar oleh alief | Januari 18, 2008 | Balas

  16. Trimakasih Cak Alief atas share ilmunya…
    Btw, ditempat Cak Alief kuliah sekarang ada nggak beasiswa master (by research ataupun course) untuk biomedical engineering ?
    Mungkin sekalian CP Profesor-nya ?
    He he he…

    Regards,
    Oding TF-ITS

    Komentar oleh Oding | Januari 19, 2008 | Balas

  17. Wah ini membantu sekali… Kebetulan kemaren ada presentasi dari NCU-taiwan di ITS… dan saya pengen coba apply master kesana… yah.. postingan ini bermanfaat bgt…

    Oo iya NTUST nggak ada rencana presentasi ato ngadain interview di ITS kah?? mungkin pak alief ada info dari prof-nya??

    Oo iya pak sekalian.. mo nanya alumni ITS ada nggak yang ambil master ato Phd electrical eng di NTUST ?? kalo ada saya bisa minta cp-nya??

    matur suwun sanget…

    Komentar oleh adiwenatb | Januari 23, 2008 | Balas

  18. Wah Cak, maturnuwun infony, kebetulan..Sy punya cita2 pengen lanjut kul lg d taiwan dgn beasiswa tentunya.. Amiin, smg trkabul:), skripsi aj blm kelar2:D

    Komentar oleh amaliasolicha | Februari 9, 2008 | Balas

  19. bung minta contoh tentang surat rekomendasi dari universitas dimana saya blajar dulu dan dari employer saya buat studi s2 di blanda

    Komentar oleh dana | Februari 9, 2008 | Balas

  20. terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat sekali. Saya termasuk orng yang masih meraba-raba bagaimana cara membuat surat untuk kontak ke Prof di luar sana. tapi dengan ini Alhamdullilah ada pencerahan
    terima kasih Cak Alief.
    Berjuang tiada henti

    Komentar oleh Harry | Februari 25, 2008 | Balas

  21. wah, trims ya atas infonya.
    sekarang saya sedang kuliah S2 MPH di Royal tropical institute Amsterdam, dan rencananya mau melanjutkan PhD,karenanya saran dari anda sangat berguna bagi saya.
    Oh ya, saya tertarik lebih jauh dengan Taiwan scholarship. Apakah syarat bahasa mandarin wajib, maklum saya gak tahu sama sekali bhs tsbt. Bisakah anda memberi tahu persyaratan PhD di Taiwan. Trims.

    Komentar oleh suyanto | Mei 9, 2008 | Balas

  22. Sip Mas!!!!!!!

    Komentar oleh lutfi | Desember 29, 2009 | Balas

  23. Sukron cak Alief. moga2 ane juga bisa dapat beasiswa ke Luwar negeri….
    ane pingin ke Saudi Cak! apa punya info-info untuk ke sana ya?

    Komentar oleh mesinmuslim | Januari 1, 2010 | Balas

  24. Dear Mas Alief,

    perkenalkan, saya mahasiswi yang baru lulus 2010 dan berniat mencari beasiswa ke luar negeri seperti Mas Alief. sya sedikit kesuliatan mencari contoh surat referensi dari professor. dan contoh surat yang Mas Alief lampirkan sangat bermanfaat sebagai referensi saya. akan tetapi ada hal yang ingin saya tanyakan, apabila pengajuan beasiswa bukan untuk tujuan riset, hanya tujuan kuliah S2 saja, apakah perlu menggunakan surat referensi professor jg Mas? apa Mas punya juga template untuk surat referensi selain untuk riset? mohon bantuannya ya Mas Alief. terimakasih

    Risya

    Komentar oleh Risya | Januari 2, 2011 | Balas

  25. Usually I don’t learn post on blogs, but I wish to say that this write-up very pressured me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thank you, quite great post.

    Komentar oleh Kittie Vrieze | Januari 5, 2012 | Balas

  26. The point no one seems to be picking up on is that the poll sample is not even 2-1 democrat to republican. The actual Democrat advantage in MA is 3-1, so they WAY undersampled democrats, which is of course going to get Brown a much higher percentage. Dont get me wrong, I want Brown to win as much as the next guy, but with such an undersampling of Democrats, I dont think this poll is anywhere NEAR accurate.

    Komentar oleh the pilatesbiz | Februari 9, 2012 | Balas

  27. and the liquid screens within the position should really avoid overfilling, I need to acknowledge which any sleepy morning I
    became not paying attention and also forgot which I had already
    loaded it along with drinking water the evening prior to. Precisely what is
    the ideal drink of coffee minus the great coffee maker?
    After you are taking the undertaking in order to pick out the best top quality of
    coffee beans, discover your chosen roast, and discover the perfect mixes, you really need to uncover a coffee maker that will .

    Komentar oleh cataracts causes | April 10, 2013 | Balas

  28. When you prefer to at a Ralph Lauren point, your will never
    get enough information, and your have in order to
    go to keep during the course of working hours. you cannot immediately fling separated riches, as part of spite of
    the fact which we contain it or perhaps not.

    Therefore with regards in order to Ralph Lauren pas cher,
    what’s any hidden key.No one would like to see a blue shirt with experimental details, like a chambray shirt.The structured shoulder, for the much more comfortable fit, and higher armholes, allowing for easy motion, bundle by way of a flattering contemporary fit that never goes out of style.

    Komentar oleh ralph lauren custom fit | April 10, 2013 | Balas

  29. Acidophilus might aid at protecting the human body from harmful
    bacterium and parasites. Whenever good bacteria and the perfectly functioning defense mechanisms is absent then generally there can be some imbalance found which might
    result in Candida. nobody loves to check out any doctor or perhaps nurse with romantic hassles such as these Candida treatment,
    and also those frequently allow well alone and also hope
    which points definitely will go separated, best asking for assist whenever itch or discharge becomes unbearable, but
    your very own wellness care team has seen it every one of the prior to and is generally
    there to help you.You Could additionally grab yourself some beneficial bacteria what assists harmony a person’s get rid of.

    Komentar oleh Gilbert | Mei 19, 2013 | Balas

  30. great issues altogether, you simply gained a brand new reader.
    What would you recommend in regards to your
    publish that you made a few days ago? Any positive?

    Komentar oleh brain injury compensation | Mei 21, 2013 | Balas

  31. The quite thing to consider is the financial attribute of your whole thing.
    Welding is a popular vocational training as part of Florida, with many reasons.
    You will not be forced to relocate, because there tend to be welding jobs every one
    of the throughout the state and also its neighbors. Because welders whom think it
    is the right time period to seek out some development chances in
    your field, getting qualified to apply for welding inspectors jobs is a
    smart preference.

    Komentar oleh http://lac.org/index.php/S=adba49248c4fa24fa91270c99cd67288f2ca846f/member/170090 | Juni 15, 2013 | Balas

  32. Thanks for the marvelous posting! I really enjoyed reading it, you can be a great author.
    I will always bookmark your blog and may come back from now
    on. I want to encourage continue your great job,
    have a nice morning!

    Komentar oleh http://www.tssh.ylc.edu.tw/xoops/modules/profile/userinfo.php?uid=3363 | Juli 11, 2013 | Balas

  33. If some one needs to be updated with most up-to-date technologies therefore he must be go to see this web site and be up to
    date daily.

    Komentar oleh http://forum.cifras.com.br | Juli 30, 2013 | Balas

  34. s tous les simplement fonctionde quel afashion designer ne chaque jour.
    La seuleDĂ©savantage connectĂ© afin de vĂȘtements est ces sont gĂ©nĂ©ralement apeu cher comparĂ© Ă normal readymade robes.

    Jean reste il y a en général mais chaussures onremplacé par occasionnels chaussures.

    Komentar oleh Www.Neworleansbio.Com | Agustus 4, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

