Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Pernyataan Sikap tentang FITNA

Rekan-rekan mahasiswa Muslim yang sedang berada di Taiwan menyampaikan Surat Pernyataan sikap tentang film FITNA. Berikut ini adalah isi Surat Pernyataan yang dikeluarkan oleh Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT) tersebut

SURAT PERNYATAAN
FORUM MAHASISWA MUSLIM INDONESIA DI TAIWAN
(FORMMIT)

Bismillahirrahmanirrahim
(Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur patutlah terus kita panjatkan kepada Allah, SWT karena atas berkat, rahmat, dan karunia-Nyalah kita semua umat manusia dan sesama ciptaan-Nya dapat merasakan indahnya kebersamaan antar sesama.

Sebagai salah satu agama yang dianut oleh kurang lebih 1,4 miliar orang di dunia, Islam hadir dengan ajaran yang sempurna. Di dalamnya tercakup segala hal yang mengatur kehidupan manusia, mulai dari tata cara beribadah, bermuamalah, maupun dalam urusan yang kecil seperti makan dan tidur.

Termasuk salah satu ajaran Islam adalah untuk menyebarkan kasih sayang kepada seluruh umat manusia, tidak hanya kepada sesama umat Islam saja. Bahkan kepada orang-orang diluar Islam. Islam bahkan mengajarkan untuk berbuat kasih sayang kepada orang-orang yang menjadi musuh kita dan tetap berbuat adil terhadap mereka. Hal ini termuat dalam kitab suci Al-Qur’anul Karim Surat Al-Mumtahinah ayat 8 yang kurang lebih berarti.

“Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS. 60:8)

Selain itu dalam banyak hadits, Rasulullah, SAW, suri tauladan umat Islam memberikan banyak hadits yang menekankan pentingnya berkasih sayang.

“Cintailah manusia seperti kamu mencintai dirimu sendiri.” (H.R. Bukhari)
“Tidak akan masuk surga kecuali orang yang penyayang” (H.R. Baihaki dan Anas)
“Janganlah kamu saling membenci, berdengki-dengkian, saling berpalingan, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Juga tidak dibolehkan seorang muslim meninggalkan (tidak bertegur sapa) terhadap sudaranya lewat tiga hari” (HR. Muslim)

Sayangnya, begitu banyak penggambaran yang salah terhadap Islam. Salah satunya adalah film pendek berjudul FITNA yang dibuat oleh anggota parlemen Belanda bernama Geert Wilders. Begitu banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang diartikan tidak sesuai maknanya dalam film itu. Ayat-ayat tentang jihad kemudian diartikan bahwa seorang muslim halal membunuh siapapun yang tidak beragama Islam.

Selain itu film tersebut menunjukkan bentuk-bentuk kekerasan yang memojokkan umat Islam, seolah-olah Islam adalah agama yang bengis, kasar, kejam, dan mengajarkan kekerasan. Padahal itu tidaklah benar. Bahkan dari 99 nama Allah, SWT dua diantaranya adalah Ar – Rahman dan Ar – Rahim, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ini menunjukkan betapa Islam hadir bersama cinta, kasih sayang, dan kedamaian serta mengajarkan untuk menyebarkan kasih sayang kepada sesama manusia.

Oleh karena itu, berkaitan dengan terbitnya film FITNA yang sangat meresahkan umat Islam dan juga memperburuk hubungan antar umat beragama di dunia ini, kami dari FORUM MAHASISWA MUSLIM INDONESIA DI TAIWAN (FORMMIT) memberikan pernyataan sikap

  1. Menyesalkan dan mengutuk keras terbitnya film FITNA yang cukup meresahkan dan memperburuk citra umat Islam tersebut
  2. Meminta kepada seluruh Negara-negara di dunia untuk tidak menayangkan atau menyebarkan film FITNA untuk mencegah potensi konflik yang mungkin timbul
  3. Menuntut Saudara Geert Wilders dan Saudara Ayaan Hirsi Ali sebagai pembuat film tersebut untuk menarik film FITNA dari peredaran dan memberikan permohonan maaf secara resmi kepada umat Islam di seluruh dunia
  4. Menghimbau peran aktif dari pemerintah Indonesia, baik yang bersifat nasional maupun internasional, dalam mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh film FITNA sesuai dengan peran strategis yang dimilikinya
  5. Menghimbau umat Islam di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, untuk tidak terpancing oleh provokasi maupun ulah-ulah pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin memojokkan umat Islam serta tetap berpikir jernih dan menggunakan cara-cara damai untuk menyelesaikan masalah ini.

Semoga solusi terbaik akan hadir untuk kebaikan umat Islam dan juga untuk eratnya hubungan antar umat beragama di dunia.

Taiwan, 1 April 2008
Atas nama Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan

Setyabudi Indartono
(Ketua Umum)

April 3, 2008 - Posted by | ke-hidup-an, ke-indonesia-an, ke-internasional-an, ke-taiwan-an | , , , , , , , , , , , ,

24 Komentar »

  1. wah sudah keluar penyataan sikap, salut. setidaknya kita memberi tandingan informasi kepada masyarakat awam.
    Cak gimana kalo tulisan tandingannya berbahasa Inggris jadi orang2 bisa pada baca… hehehe😀

    Komentar oleh aRuL | April 4, 2008 | Balas

  2. Setuju,
    Penggunaan media secara cerdas untuk menekan Wilders jauh lebih baik dari sekedar koar-koar emosional, apalagi kalau sampe ikut terpancing emosi.

    Komentar oleh Zulfi | April 4, 2008 | Balas

  3. Setuju! Saya turut mendukung.

    Komentar oleh Edi Psw | April 4, 2008 | Balas

  4. yak..seperti itulah cara mahasiswa atau masyarakat mensikapi bukan malah berbuat anarkis

    Komentar oleh westnu | April 4, 2008 | Balas

  5. Akur, Masalah memang harus di hadapi secara Intelektual. Yakinlah yang benar pasti menang

    Komentar oleh Yudhi Arie Baskoro | April 4, 2008 | Balas

  6. “mereka tidak akan pernah berhenti sebelum kalian mengikutinya”

    iblis2 lain akan terus bermunculan menyudutkan islam. mereka akan terus berusaha mencitrakan islam dengan citra yang buruk. untuk menutupi kebengisan mereka menjajah negara2 tak bersalah

    waspadalah terhadap IBLIS itu!!!

    Komentar oleh deteksi | April 4, 2008 | Balas

  7. iya, pernyataan sikap lebih intelek daripada berdemo dgn vandalism…

    masy Islam jangan cepat terbakar amarah, bahkan Rasul ketika diludahi dan dilempari kotoran pun masih bisa bersabar…:)

    si busuk Belanda itu emang ga ada otaknya, tp kalo kita meresponnya dgn amarah dan kebencian juga, maka level nya adalah sama…:)

    Komentar oleh rusle | April 4, 2008 | Balas

  8. kalo dari indonesia belom ya???

    Komentar oleh ndop | April 4, 2008 | Balas

  9. wekz kalo saya sih terima kasih sama wilder, karena di satu sisi banyak orang orang bodoh yang keluar dari islam, dan di sisi lain orang kafir yang cerdas dalam pemikiran dan jenius dalam bidangnya berbondong bondong masuk ke dalam agama islam.
    Terima kasih musuhku. :D~~

    —-
    by : mamang | lokadwiartara@gmail.com | Tutorial

    Jaringan Komputer

    Komentar oleh mamang | April 4, 2008 | Balas

  10. semoga diikuti oleh pemeluk Islam yang lain dengan menunjukkan peran positif

    Komentar oleh peyek | April 4, 2008 | Balas

  11. 🙂 piss

    Komentar oleh Landy | April 4, 2008 | Balas

  12. Memang banyak orang-orang di dunia Barat yang masih salah paham dan salah persepsi tentang Islam…

    Komentar oleh abdurrosyid | April 4, 2008 | Balas

  13. belanda ato londo itu dah kurang ajar bgtz, lawan dengan segenap kemampuan mas, qta selalu support!

    Komentar oleh sahabat88 | April 5, 2008 | Balas

  14. assalamualaikum

    Komentar oleh anonymous | April 5, 2008 | Balas

  15. Kalo dari Indonesia masih bingung, kemarin aja ada yang tanya, Fitna..film opo..?diputer dimana..?yang maen sopo..?..dikira film ala-ala Hidayah kali..

    Komentar oleh thegoeh | April 5, 2008 | Balas

  16. Menurut saya, tafsiran keras wilders tentang ayat Al-Quran adalah refleksi dari apa yang dia liat pada umat islam garis keras. Dan mungkin itulah ayat yang ditafsirkan para Islam garis keras, fanatisme yang berlebihan. Ayat yang ditafsirkan islam garis keras = Ayat yang ditafsirkan wilders. Setiap agama pasti punya golongan kecil dengan fanatisme berlebihan yang justru menyimpang dari esensi agama itu sendiri. Jauhkan fanatisme apapun dari diri kita, selalulah terbuka dalam berfikr. Kebenaran tidaklah final. Kebenaran adalah relatif.

    Komentar oleh ekon | April 6, 2008 | Balas

  17. pernah liat film the “passion of the christ”? ttg nabi isa…??

    tau yg pria2 pake kerudung? itu namanye orang farisi dan ahli taurat…

    nah itu dia… si osama bin laden dan kawan2…

    tau rakyat2 yg berteriak di pengadilan pilatus?

    itu dia rakyat indo… yg ga tau apa2 tapi terprovokasi oleh2 orang2 sok tahu (ahli taurat dan orang farisi)

    Nasrani juga benci yahudi… karena nabi isa dibunuh oleh mereka…

    silakan pilih peran anda:
    1. Orang Farisi = sok2 ngerti agama
    2. Ahli Taurat = Pemuka agama Garis Keras yg sok tahu… yg bisanya provokasi rakyat
    3. Israel yg terprovokasi = Ga tau apa2.. asal dibayar langsung deh demo2…

    Komentar oleh si_bejo | April 7, 2008 | Balas

  18. terrorist = bullshit
    islam haters = bullshit

    jadi menurut saya mereka tuh cocok harusnya mereka sadar bahwa mereka itu sebenarnya berhadapan dengan cermin akan diri mereka sendiri. Saya suka blog ini semoga bisa ditranslate ke inggris jadi semua temen2 kita di luar bisa baca blog ini. Kalau ada blog2 atau info2 tentang masalah ini share yah. Saya sudah ngeliat Fitna the Movie dan pengen nangis ngeliatnya semua org yg ngaku2 mrk dirinya islam dan adegan yang paling saya benci ada adegan PENEMBAKAN TERHADAP PEREMPUAN! perempuan itu ibu so it’s really makes me mad so bad! Bagaimanapun juga kita harus care sama masalah ini! Ini menyangkut kehidupan manusia di bumi ini dan allah maha adil jadi semoga arwah2 orang muslim yg baik diterima di sisinya amin!

    atas nama kedamaian dan islam!

    Komentar oleh Rahmat Kurniady | April 9, 2008 | Balas

  19. Aku kurang faham perbincangan kamu, tapi di tempat aku kami boycott product holland.

    Komentar oleh emme | April 9, 2008 | Balas

  20. kita sebagai kaum islam mesti bersikap elegant dalam menghadapi hal ini. apakah kita lebih besar dari Allah, sehingga kita panas, hingga memusuhi bahkan melakukan aksi anarkis kepada saudara2 kita yang belum tentu juga setuju dengan hal itu atau malah kita mengeluarkan kata-kata kotor, malah kita jadi berdosa, mendingan kita lebih giat dalam amal dan ibadah agar kita bisa masuk sorga, siapa tahu hal ini merupakan cobaan.

    Dan juga negara Indonesia adalah negara miskin dan korupsi terbesar, gimana mau demo ke YouTube, (kata YouTube: “egp”), wong dinegara islam saja tidak diblok.

    Lihat saja, skrg kita tidak bisa melihat video2 yang menentang film tersebut di Youtube.com. atau bahkan pelajaran2 yang dikirim ke situ. pakai http://www.vtunnel.com agar bisa lihat youtube

    Komentar oleh rudi | April 10, 2008 | Balas

  21. Setuju aja sih, kalo dilarang.

    Komentar oleh Budi | April 12, 2008 | Balas

  22. saya agak bingung dengan sikap anda. di sini anda mendukung Islam. di masalah hade anda tampak memprofokasi orang islam (PKS) tentang hasil pemilu hade tidak menang. Memang alasan anda barangkali ada benarnya, tapi untuk apa? anda ini siapa? maksudnya apa? pemilu ulang? pake uang anda? Siapa yang salah kalau orang tidak mau menggunakan hak pilihnya? salah hade? kenapa hade yang anda masalahkan? ah…hati-hati bung!

    Komentar oleh pram | April 14, 2008 | Balas

  23. gak usah rame dalam menyikapi “FITNA”, contohlah teladan nabi Muhammad dalam menyikapi ejekan, fitnahan, ancaman pembunuhan terhadap dirinya.

    kalau beliau difitnah, diejek, diancam untuk dibunuh maka beliau cuma berdoa kepada Allah untuk menghindarkan bahaya dari dirinya dan melimpahkan kebaikan kepada pemfitnah, pengejek, dan pengancam bunuh, nabi tidak rektif destruktif dengan mengejek balik, memfitnah balik, atau bahkan mengancam balik.

    jadi selain kita menghimbau kepada pemerintah untuk mengatasi secara damai, juga mari kita do’akan saja kepada Allah agar Wildert diberikan hidayah oleh Allah agar Wildert sadar bahwa islam bukan agama teroris, kita do’akan juga agar setelah sadar Pak Wildert akan segera membuat kembali film, namun judulnya “ISLAM, AGAMA BARUKU YANG RAHMATAN LIL’ALAMIN”. Amiiin.

    Komentar oleh aliyulwafa | April 24, 2008 | Balas

  24. Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh
    Segala Puji milik Alloh,Alhamdulillah kita umat Islam dibimbing dengan sunnah Nabi yang terang dan pancaran kasih sayang yang diamalkan Nabi Muhammad Shalallohu ‘alaihisalam.Islam telah membuktikan langsung bagaimana sikap Islam terhdp kaum non muslim langsung dengan amalan Nabi: disekeliling Nabi ada diantara mereka yang kafir, spt; paman beliau(Abu Thalib) beliau sangat menyayangi pamannya, bahkan beliau menemani di detik2 terakhir hidup pamannya dengan doa dan rasa sayang.Beliau mendakwahi kaum kafir quraiys dengan lemah lembut walaupun beliau dilempari batuh dan hujatan, beliau memiliki tetangga nonmuslim yang sangat jahat namun beliau membalasnya dengan kebaikan, Rasululloh hijrah dengan membayar seorang kafir sebagai penunjuk jalan, bahkan salah satu mertua Rasul dahulunya adalah seorang kafir, apakah anda tau (wahai orang yang benci Islam) di akhir hidup Nabi masih menggadaikan baju kepada orang yahudi.Itu semua bukti bahwa Rasul umat Islam berlaku adil dan kasih sayang terhadap semua insan. Di sisi lain Islam juga mengajarkan jihad (yang syar’i)yang dituntunkan Nabi bukan yang banyak ditakuti dunia saat ini.Kalo anda punya bukti… mana orang yang masuk Islam dengan istiqamah karena paksaan?Alloh Maha Mengetahui dan Maha Kasih dan kepadaNyalah kita semua mohon pertolongan

    Komentar oleh edi abu ukasyah | April 27, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: