Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Ayo MeMarket-ing kan Diri

Sudah lama aku gak buka web-nya Hermawan Kartajaya… Namun karena ada tugas kuliah ngerangkum presentasinya si botak Seth Godin, jadi deh buka-buka lagi webnya drop-out an Teknik Elektro ITS itu šŸ˜€

Eh pas baca-baca tulisan di kategori Persamaan Diferensial Biasa PDB (Positioning Differentiation Brand) saya kok nemukan sebuah materi presentasi cak Hermawan yang bagus, yaitu tentang “Marketing yourself at the flat world”. Di situ cak Hermawan cerita tentang pentingnya seorang student menjual dirinya, terutama dalam flat world seperti saat ini.

“Landscape bisnis saat ini berubah” itu yang pertama dibilang Hermawan. Dari yang dulunya dikuasai negara maju kemudian berubah menjadi dikuasai perusahaan multinasional. Dan itu tidak akan bertahan lama, sebentar lagi atau bahkan saat ini sudah mulai, perusahaan multinasional akan tergantikan. Dan penggantinya adalah…. KITA… Iya KITA lah penguasa sekarang dan masa depan…

Saat ini, kita (dengan PC yang terkoneksi internet tentunya) bisa melakukan apapun, kapanpun, dan dimanapun semau kita. Mau cerita tentang sms santet bisa lewat blog, mau mempublish video tinggal ke youtube, mau mamerkan gambar bisa pake flickr, mau cari teman tinggal daftar facebook, dan banyak lagi lainnya yang bisa kita lakukan lewat PC. Karena saat ini dunia sudah berubah jadi datar, tidak bulat lagi…

Setelah paham tentang perubahan (Change) itu, maka kita perlu memahami 3C yang lain dari 4C diamond, yaitu Customer, Competitor, dan Company. Sebagai CEO dari Company bernama Me, inc kita harus memahami siapa Customer kita nantinya, dan siapa juga Competitornya. Jika kita ingin jadi profesional, maka bos adalah customer kita dan teman sejawat adalah competitor. Sedangkan kalo Me, inc nya adalah wiraswasta, maka konsumen adalah customer kita dan wiraswastawan lain sebagai competitornya.

Kemudian untuk bisa menjual diri memarket-ing kan diri dengan sukses, apa yang harus kita lakukan? Pertama ialah dengan mempunyai sesuatu hal yang BEDA (different). Jangan berambisi untuk jadi yang terbaik, cukup FOKUS pada satu hal, maka Me, inc milik kita akan jadi sukses. Tentunya dibutuhkan kreatifitas untuk berani menjadi BEDA..

Kedua ialah membangun karakter diri. Blog, youtube, flickr itu semua hanyalah citra diri yang bisa diramu, dipoles, dipermak, dan didandani supaya terlihat bagus. Namun belum tentu citra itu adalah karakter diri kita. Citra hanyalah bungkus, sementara karakter adalah barangnya. Citra membuat orang terkesima namun tidak akan sampai membuat orang lain memilih Me, inc milik kita. Karakterlah yang bisa membuat Me, inc menjadi pilihan dan selalu diingat banyak orang…

Untuk itu karakter kita hendaknya dibangun berdasarkan nilai-nilai spiritual yang mendalam. Karakter tidak cukup ditunjukkan dari tubuh yang atletis, otak yang pintar, dan kecerdasan emosional yang baik. Lebih dari itu semua, karakter butuh kecerdasan spiritual yang hakiki dalam rangka mensukseskan market-ing diri dan mengantarkan Me, inc menjadi sukses luar biasa

Jadi… Ayo memarketingkan diri, karena KITA lah sekarang penguasa dunia ini šŸ˜€

Download file pdf “Marketing yourself at the flat world” di sini

Iklan

Mei 10, 2008 - Posted by | ke-aku-an, ke-blog-an, ke-hidup-an, ke-opini-an |

7 Komentar »

  1. ah mencerahkan banget… šŸ˜€
    tapi kadang untuk memarketingkan diri itu sampe lupa amanah yg lain šŸ˜€ hehehehe

    Komentar oleh aRuL | Mei 10, 2008 | Balas

  2. itu di DO apa menDOkan diri?

    kok bisa pinter begeto ya?

    😯

    Komentar oleh ndop | Mei 10, 2008 | Balas

  3. # aRuL:
    ketahuan ya kalo sering nge-blog sampe lupa waktu… hehe…

    # ndop:
    Kata Hermawan sih dianya udah bosen kuliah bertahun2 di ITS tapi gak lulus2 karena dosennya jarang masuk šŸ™‚ Jadi lebih tepatnya memang men-DO-kan diri… šŸ™‚

    Komentar oleh alief | Mei 10, 2008 | Balas

  4. setuju sekali cak , persis dengan postingan saya yang terbaru
    kangen ke rumah ini , dah lama saya ngga mampir , maklum lagi sibuk berbenah

    Komentar oleh realylife | Mei 11, 2008 | Balas

  5. Siip … tingal dipraktikkan. Salam.

    Komentar oleh Ersis Warmandyah Abbas | Mei 15, 2008 | Balas

  6. Buku menarik yang berhubungan dengan citra vs karakter
    http://www.kompas.com/kompascetak.php/read/xml/2008/05/25/00294180/jangan.sekadar.tebar.pesona

    Komentar oleh alief | Mei 25, 2008 | Balas

  7. salam sukses saja.. marketing diri diiringi prestasi.. betul cak??

    Komentar oleh Idebisnisusaha | Juni 30, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: