Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Bukan Organisasi Konyol

Sebulan lalu saat pertama kali pengurus PPI Taiwan ”bertemu” via Skype, saya sampaikan bahwa struktur kepengurusan PPI-Taiwan ibarat sebuah tim sepakbola. Saya sebagai ketua umum adalah kapten tim, sementara Adi wakil kapten, dan tiap-tiap pengurus adalah pemain inti yang posisisnya bervariasi. Tiap posisi memegang peranan yang sama pentingnya.

Oleh karena itu tiap posisi harus terkemuka bersama, tidak boleh ada yang tertinggal. Konyol jika mampu mencetak banyak gol, tapi banyak kebobolan juga. Atau sebaliknya pertahanan kuat, tapi striker mandul. Keduanya sama-sama konyol dan pengurus PPI Taiwan tidak perlu melakukan kekonyolan macam itu.

Konsekuensi lain dari sebuah tim adalah keegaliteran, yang itu terlihat dari struktur pengurus yang flat (horisontal) bukan vertikal. Sebagai kapten, ketua umum bukanlah bos yang harus dilayani. Bukan pula raja yang mengatur segalanya. Ciri-ciri organisasi konvensional yang terpusat di pimpinan tidak boleh ada di PPI Taiwan.

Masing-masing pengurus punya peranan yang sama besar untuk memajukan organisasi. Mereka pun punya hak suara yang sama untuk berkomentar dan memberikan masukan. Tidak ada istilah Badan Pengurus Harian (BPH) di sini. Kelebihan satu dengan yang lain dilihat dari seberapa besar kinerja dan kontribusi untuk kebaikan organisasi. Bukan karena posisi, bukan pula karena senioritas.

Contoh dari struktur yang horisontal itu adalah saat pemilihan Koordinator Bidang (Korbid) yang dilakukan oleh pengurus sendiri, bukan Ketua. Pengurus yang telah dipilih dari open recruitment, melakukan rapat di bidangnya masing-masing. Berkenalan satu sama lain, saling mengetahui siapa kamu dan menceritakan siapa saya. Kemudian dari situ mereka memilih Korbidnya.

Ketua umum tidak ikutan, ketua umum manut saja ketika disodori nama si A sebagai Korbid AA. Tidak ada intervensi, tidak pula ada keterpaksaan, semuanya berjalan transparan. Dengan demikian Korbid bukan hanya kepanjangan tangan dari Ketua. Namun lebih dari itu Korbid juga kepanjangan lidah dari pengurus. Di pundak Korbid lah sejatinya keseimbangan organisasi bernama PPI Taiwan ini diletakkan.

Di organisasi yang horisontal ini, nilai-nilai dan etika menjadi pedoman bersama. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain, kerendahan hati atas tiap-tiap prestasi, kejujuran dalam aktifitas, dan yang paling penting menjaga diri dalam bertutur kata dan bersikap terhadap yang lain. Itu semuanya merupakan nilai-nilai yang harus tertanam dengan baik dalam hati pengurus PPI Taiwan.

Saya yakin tidak perlu pakai pelatihan, training, ataupun semacamnya untuk membuat hati pengurus PPI Taiwan terjaga. Waktu dan teman yang akan memonitornya. Ketika seseorang berubah menjadi semakin kompleks dan rumit. Saat itu siapapun akan sepakat mengatakan, ada yang tidak beres dengan isi hatinya. Dan saat itu keterbukaan hati menjadi kunci untuk menerima nasehat dari rekan-rekan yang lain.

Organisasi yang horisontal ini saya harap mampu meladeni kebutuhan dan keinginan anggota dengan baik. Di dunia yang tidak lagi bulat ini, transparansi dan horisontalisasi merupakan dua hal yang tidak bisa lagi dihindari. Terlebih kita berada di dalam sebuah wadah organisasi yang anggotanya merupakan kalangan terdidik. Sangat tidak relevan, organisasi mahasiswa yang terpelajar, namun struktur organisasinya sentralistis dan tidak ada kemauan untuk saling transparan. Semoga PPI Taiwan mampu eksis dan tidak terlindas oleh cepatnya perubahan jaman.

7 Januari 2011, Salam muanteb.

———————————————————-

CAKEP adalah tulisan saya di website dan milis PPI Taiwan. CAKEP merupakan kepanjangan dari Catatan Ketua PPI. Dalam beberapa hari ke depan, CAKEP akan saya muat ulang di Blog Cak Alief. Selain sebagai arsip, juga untuk merefresh apa yang saya tulis dalam satu tahun terakhir.

Oktober 19, 2011 - Posted by | ke-opini-an, ke-taiwan-an | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: