Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Pemberdayaan Potensi Indonesia

Kepanjangan dari PPI lazimnya dikenal dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia, ada yang lain mengatakan Persatuan Pelajar Indonesia. Kalo di Taiwan ini bisa juga menjadi Pengikat Pasangan Indonesia. Dalam kesempatan ini, perkenankanlah saya memberikan definisi baru untuk kepanjangan dari kata PPI, yakni Pemberdayaan Potensi Indonesia.

Kata kunci untuk pemberdayaan paling tidak ada 2 yakni Mengontrol dan Melepaskan. Mengontrol berarti mengontrol diri sendiri untuk bisa berperilaku yang baik dan menjadi teladan. Bukan mengontrol orang lain untuk bekerja ini dan itu. Sementara melepaskan berarti melepaskan gairah dan bakat orang lain untuk bekerja sesuai bakat yang dimilikinya. Bukan melepaskan dalam arti membiarkan terserah kamu mau berbuat apa.

Jika salah mendefinisikan kata mengontrol dan melepaskan itu, maka pidato tentang pemberdayaan hanya tersampaikan tetapi kita tidak sanggup menjalankannya. Organisasi ini pun tak akan memiliki visi bersama, tidak memiliki disiplin, dan sudah pasti tidak memiliki semangat. Kenapa? Karena dengan mengontrol orang lain dan membiarkan mereka itu berarti kita memperdayakannnya, bukan memberdayakan.

Potensi yang bisa diberdayakan meliputi beberapa bentuk. Pertama potensi dalam kegiatan akademik pastinya, seperti riset, menulis, presentasi. Kemudian yang kedua potensi yg terkait dengan minat dan bakat, seperti menyanyi, menari, menjadi penyiar, MC, photography, perfilman, juga termasuk minat berorganisasi, olahraga, shopping, dan travelling. Bentuk ketiga adalah potensi yang harus dimunculkan dalam rangka kesetiakawanan sosial, seperti: turut serta mempromosikan budaya Indonesia dan berbagi sekaligus menuntut ilmu bersama teman-teman TKI.

Dalam hubungannya dengan PPI Univ/Kota maka PPI Taiwan mengambil peran sebagai pemersatu, pengoptimasi, dan fasilitator dari pemberdayaan potensi-potensi tersebut. Karena tidak bisa dipungkiri, masing-masing PPI Univ/Kota sudah memiliki kegiatan yang bermacam-macam dan hampir semuanya bermanfaat. PPI Taiwan menyatukannya dalam bingkai kebersamaan mahasiswa Indonesia di Taiwan. Serta menjadi fasilitator ataupun pengoptimasi untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan potensi yang bisa mendatangkan manfaat lebih luas.

Lewat pemberdayaan potensi itulah, maka PPI Taiwan bisa menjadi terkemuka. Tentu bukan terkemuka yang meninggalkan atau bahkan merendahkan pihak lain. Namun terkemuka secara bersama-sama. Baik itu dengan PPI Univ/Kota sbg bagian dari PPI Taiwan ataupun dengan pihak eksternal seperti KDEI, KMIT, PCI-NU, FORMMIT, PERPITA, juga MEDIA.

Dalam hal ini patutlah kita berterima kasih kepada Ki Hajar Dewantara, yang menyampaikan semboyan penuh makna dalam bidang pendidikan. Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. (“di depan menjadi teladan, di tengah membangun semangat, dari belakang mendukung”). Semboyan yang sama haruslah dimiliki oleh PPI Taiwan dalam membangun kerjasama dengan semua pihak.

Maka pelantikan pengurus hari ini mari kita jadikan momentum untuk memulai pemberdayaan potensi indonesia. Dimulai dari mengontrol diri kita supaya bisa menjadi teladan. Dan melepaskan gairah dan potensi kita serta orang lain untuk melakukan apa yang kita minati.

8 Maret 2011, Salam muanteb,

————————————————————————

CAKEP adalah tulisan saya di website dan milis PPI Taiwan. CAKEP merupakan kepanjangan dari Catatan Ketua PPI. Dalam beberapa hari ke depan, CAKEP akan saya muat ulang di Blog Cak Alief. Selain sebagai arsip, juga untuk merefresh apa yang saya tulis dalam satu tahun terakhir.

Oktober 26, 2011 - Posted by | ke-opini-an, ke-taiwan-an | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: