Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Paper Kedua dan Riset Unknown

Alhamdulillah, setelah 2 bulan lalu dinyatakan diterima, bulan ini publikasi paper kedua sudah bisa diliat dan diunduh lewat internet. Alamatnya di sini:

http://www.techscience.com/cmes/2012/v84n5_index.html

Kemaren aku juga buat daftar paperku yang terindeks di google scholar, lumayan lha untuk memudahkan dokumentasi. Alamatnya di sini:

http://scholar.google.com/citations?hl=en&user=nujCDmgAAAAJ

Sepertinya google scholar itu akan menambah otomatis, jadi jika ada publikasi baru dengan nama “A. Wikarta”, akan muncul dengan sendirinya pada alamat di atas.

Secara umum, aku cukup puas dengan riset dan publikasi yang sudah berjalan. Sebenarnya masih ada 2 paper untuk jurnal dan 1 paper untuk seminar yang sedang menunggu dijamah. Aku mengistilahkan yang sudah-sudah itu dengan Unknown 1.0. Semoga bisa segera terselesaikan…

Smentara itu, saat ini aku lagi menyiapkan 2 publikasi untuk seminar dan 1 publikasi untuk jurnal, yang termasuk dalam kategori Unknown 2.0. Seperti namanya, kategori Unknown 2.0 berarti aku harus menyelesaikan persamaan dan menyusun program Matlab untuk 2 variabel yang tidak diketahui. Dibanding unknown 1.0 yang hanya mencari 1 variable, Unknown 2.0 bisa dibilang gampang-gampang susah, perlu ketelitian, dan kesabaran menunggu. Progressnya sih lumayan, semoga di awal semester depan Unknown 2.0 bisa beres.

Selanjutnya adalah Unknown 3.0, sebagian besar riset ini masih bergelantungan di kepalaku. Hanya sedikit saja yang sudah tertulis di MS Word dan MATLAB. Arahan dari Profesor sudah tersampaikan dengan jelas dan gamblang. Beliau bilang, Unknown 3.0 adalah pekerjaaan yang benar-benar butuh ketelitian dan keuletan.

Bulan lalu saat aku coba jabarkan Unknown 3.0 di kertas dan kerjakan di MATLAB, ternyata juga butuh kapasitas komputer yang luar biasa. Quad Core dan 16 GB RAM komputer ini harus benar2 dipaksa kerja keras. Bisa butuh waktu berhari-hari hanya untuk mendapatkan satu grafik, itupun belum tentu benar. Tapi gak ada salahnya kalo Unknown 3.0 ditargetkan selesai akhir tahun ini…

Juni 21, 2012 - Posted by | ke-riset-an, ke-taiwan-an | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: