Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

TKI di Taiwan, Kuliah Saat Bekerja

Umumnya ada dua istilah yang berkenaan dengan kuliah dan bekerja, yakni kuliah sambil bekerja dan satunya lagi, bekerja sambil kuliah. Istilah kuliah sambil bekerja menunjukkan mahasiswa yang nyambi kerja. Profesi utamanya adalah mahasiswa dan untuk mendapatkan tambahan uang atau mencari pengalaman, mahasiswa itu bekerja paruh waktu.

Sedangkan istilah bekerja sambil kuliah menunjukkan seorang yang selama hari kerja dan jam kerja profesinya adalah pegawai atau wiraswasta dan saat hari libur atau jam istirahat, mereka meluangkan waktu untuk kuliah. Kuliah sambil bekerja ataupun bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang mudah dilakukan setiap orang. Butuh ketekunan, disiplin, dan kemauan sekeras baja untuk membuat keduanya berhasil.

Di Taiwan saya mengamati adanya aktifitas baru terkait kuliah dan bekerja. Ada seorang pekerja yang tiap minggu tidak mendapatkan hari libur. Artinya di hari Minggu pun dia tetap harus bekerja seperti biasa layaknya di hari kerja. Namun hebatnya dia bisa ikutan kuliah layaknya kuliah sungguhan. Dia bisa menyimak dosennya mengajar, bisa pula mengajukan pertanyaan, berdiskusi dengan teman-temannya, dan hal-hal umum lainnya dalam suatu kuliah. Semua aktifitas perkuliahan itu dia lakukan bersamaan dengan dia bekerja.

Awalnya saya menggolongkan aktifitas ini dalam istilah bekerja sambil kuliah. Namun lambat laun saya merasa kurang tepat jika dimasukkan dalam istilah itu. Kalo disebut bekerja sambil kuliah, harusnya dia punya hari libur dan kuliah di saat libur itu. Sementara yang terjadi adalah saat dia ikut kuliah, dia juga sedang bekerja dan mendapatkan gaji dari pekerjaannya. Maka kemudian saya menyebut aktifitas ini dengan istilah kuliah saat bekerja.

Terdengar tidak mungkin memang, tapi itulah yang saya temui pada TKI di Taiwan. Sebagian besar TKI di Taiwan pekerjaannya adalah menjaga dan merawat Ama (Nenek) atau Akong (Kakek). Pekerjaan ini tentu tidak mengenal hari libur, selama Ama nya terjaga maka selama itu dia bekerja. Meskipun kondisinya demikian, TKI di Taiwan tidak terbelenggu dan menyerah dalam keterbatasan itu. Saat Universitas Terbuka (UT) bekerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) membuka program pendidikan jarak jauh, jumlah peminat yang mendaftar sebanyak 93 mahasiswa.

Mereka benar-benar menerapkan istilah kuliah saat bekerja. Dalam sebuah tutorial tatap muka yang dilakukan secara streaming misalnya. Mahasiswa mengikuti perkuliahan sambil menjaga Ama. Di laptop mereka yang terkoneksi dengan internet, mereka bisa melihat tutornya memberikan kuliah lewat webcam. Sementara di depan laptop, mahasiswa menyimak penjelasan tutor sambil sesekali mengamati kondisi Ama nya.

Dalam tutorial streaming, mahasiswa pun dapat memperhatikan coretan-coretan tutor di file presentasi materinya lewat papan virtual. Untuk berdiskusi dengan mahasiswa lainnya, mereka bisa bertukar pesan di chat room yang tersedia. Jika ada pertanyaan yang ingin diajukan atau menjawab pertanyaan dari tutor juga tidak susah. Tutor tinggal memilih mahasiswa mana yang akan diaktifkan webcamnya serta diberi akses mencoret-coret di papan virtual. Maka mahasiswa pun bisa leluasa menuangkan apa yang ada di benaknya, senyata di papan tulis dan ruang kelas sesungguhnya.

Kuliah saat bekerja tentu saja punya keunikannya sendiri. Ada cerita dari mahasiswa, saat sedang mengikuti tutorial streaming tiba-tiba Ama nya membutuhkan perawatan, atau minta dibikinin makan, atau ingin dibelikan sesuatu. Maka ditinggallah laptop dalam keadaan menyala, sementara dia sibuk mengurusin Ama nya. Untungnya, tutor tidak akan mengetahui hal itu. Selama laptop tetap nyala dan konek internet, maka tutor menduga si mahasiswa sedang menyimak penjelasannya.

Dalam hal ini kesabaran dan ketelatenan tutor dalam memahami kondisi mahasiswa yang kuliah saat bekerja patut diapresiasi. Para tutor yang merupakan anggota PPI Taiwan adalah alumni universitas ternama di Indonesia yang sedang kuliah di Taiwan. Bahkan tidak sedikit yang berprofesi sebagai dosen di UGM, UI, dan ITS. Mereka, dengan jiwa sosialnya yang tinggi, memberikan materi dan motivasi bagi para TKI yang menjadi mahasiswanya. Meskipun tidak jarang, tanpa disengaja tentunya, mereka ditinggal bicara sendiri di depan webcam, sementara mahasiswanya sedang merawat Oma.

Selain tutor, majikan juga punya peranan yang besar dalam berjalannya aktifitas kuliah saat bekerja. Majikan yang baik hati akan mengijinkan TKI untuk mendaftar sebagai mahasiswa. Mereka juga memberikan kelonggaran bagi TKI saat mengikuti tutorial streaming. Intinya selama pekerjaan yang menjadi tugas TKI beres, maka ada keleluasaan yang diberikan untuk mengikuti kuliah.

Bahkan pernah kami menjumpai, majikan yang mengantar sendiri TKI nya ke kantor KDEI. Mereka bertanya-tanya kepada petugas pendaftaran, menyelidik tentang keberadaan dan kualitas Universitas Terbuka. Setelah penjelasan diberikan dan melihat begitu bersemangatnya TKI untuk ikut kuliah, maka justru majikan itu yang menanggung seluruh biaya kuliah mahasiswa dalam satu semester.

Dalam aktifitas kuliah saat bekerja ini, kemauan sekeras intan dari mahasiswa bertemu dengan kepedulian dari tutor dan pengertian majikan. Maka proses perkuliahan pun bisa berjalan, meski dengan keterbatasan. Ini yang terkadang dipertanyakan oleh beberapa pihak, tentang kualitas pengajaran yang diberikan. Bahkan ada yang langsung mengkritik aktifitas tersebut dan mencemooh para pelakunya, tidak ada pemakluman sedikitpun.

Memang tidak bisa dielak, ada kualitas yang dikorbankan dalam aktifitas kuliah saat bekerja ini. Di kuliah yang nyata saja, proses pembelajaran tidak bisa berjalan dengan ideal. Apalagi ini dilakukan lewat virtual dan pada saat yang bersamaan mahasiswa tidak hanya menyimak perkuliahan namun juga sekaligus bekerja.

Meskipun demikian, aktifitas kuliah saat bekerja akan membekaskan makna yang dalam bagi mahasiswa. Mereka yang seringkali dianggap sebelah mata, ternyata berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Sebuah mimpi yang mungkin telah mereka kubur saat memutuskan berangkat ke luar negeri sebagai TKI. Kini ketika kesempatan itu datang kembali dan mampu mereka wujudukan, tentu akan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada yang mana, rasa percaya diri itu merupakan karakter penting yang perlu ada untuk meraih sukses di masa depan.

Maret 24, 2012 - Posted by | Tidak Dikategorikan | , , , , , ,

16 Komentar »

  1. Sangat bagus dan membuka wawasan para TKI yg brjuang hidup untuk bekrja dsna saluut…

    Komentar oleh Lisna | April 23, 2012 | Balas

    • Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.Semar Sakti dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.

      Komentar oleh wati hermawan | Mei 11, 2019 | Balas

  2. yah memang begitu jika memang ingin maju..salut,sukses ya

    Komentar oleh benda mustika | April 28, 2012 | Balas

  3. I have read so many articles regarding the blogger lovers however this
    piece of writing is truly a nice article, keep it up.

    Komentar oleh iphone 5s unlock | September 6, 2014 | Balas

    • Sudah puluhan kali saya tertipu oleh paranormal gadungan. dan sudah puluhan juta saya habiskan tapi hasilnya nihil..! Setelah saya bertemu teman lama dari medan saya ceritakan semua keluhan saya. dan dia menyarankan saya utk meminta tlg ke KH.DRAJAT. Alhamdulillah berkat beliau hutang sya yang 800jt lunas dalam 2 hari.
      Jika sdra punya mslah ekonomi, ke uangan trpuruk atau di lilit hutang dan butuh dana untuk modal usaha, insyaallah KH.DRAJAT siap membantu bgi yg butuh. melalui PESUGIHAN putih tampa mahar/tumbal. UANG GAIB, UANG BALIK, TUYUL atau ANGKATOGEL jitu, di jmin 100% tembus/jebol. silahkan konsultasi mslh anda dng KH.DRAJAT di no. (081247428367) atau klik.
      http://mbahdrajat.blogspot.com
      sumpah demi allah ini kisa nyata saya.

      Komentar oleh darman malaysia | Juni 25, 2018 | Balas

  4. There is certainly a lot to know about this issue. I really like all the
    points you’ve made.

    Komentar oleh emergency locksmith london | September 16, 2014 | Balas

  5. I like the helpful information you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here regularly.

    I’m quite sure I will learn lots of new stuff right here!

    Good luck for the next!

    Komentar oleh locksmith Archway | September 29, 2014 | Balas

  6. Amazing! Its genuinely awesome post, I have
    got much clear idea regarding from this post.

    Komentar oleh locksmith NW1 | Oktober 11, 2014 | Balas

  7. bagaimana caranya mendaftar, aku seorang tkw di taiwan yg ingin sekali kuliah

    Komentar oleh ucayblog | April 29, 2016 | Balas

  8. sedikit riwayat saya sekian lama tlah berbisnis dan akhir akhir hampir
    bangkrut dan mungkin sudah bangkruk seandainya saya tidak menemukan
    dukun sakti yang benar benar membantu saya meningkatkan bisnis kembali
    dan alhamdulillah berkat bantuan beliaulah aku dapat sukses kembali dan
    tidak jadi bangkruk makasi MBAH TARIGAN sedikit info apabila anda ingin
    mendapatkan solusi hidup BELIAu punya ke ahlian Melihat apa yang akan
    terjadi di hari kemudian
    termasuk angka togel yang akan keluar setiap harinya
    inilah penemuan terhebat bagi anda para pecinta togel
    dan temukan angka angka yang akan tembus silahkan anda
    anda bisa hubungi lansung mbah TARIGAN di 0853-9831-8686
    INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN ….KLIK DISINI….

    Komentar oleh pak andi | September 2, 2016 | Balas

  9. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU YANTI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KI Sunan Jati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI Sunan Jati
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KI Sunan Jati DI NOMOR 082_349_535_132
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi KI Sunan Jati pasti akan di bantu Oleh Beliau

    Komentar oleh ibu yanti | Januari 18, 2017 | Balas

  10. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

    Komentar oleh sukimansite | Februari 17, 2017 | Balas

  11. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH BUDI HARTONO yang telah menolong saya dalam kesulitan ini tidak pernah terpikirkan berkat bantuan MBAH yang memberikan pesugihan dana gaib sebesar 1 miliar syukur alhamdulillah kini saya sudah bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada di BANK sisanya untuk buka usaha kemarin saya takut mengikuti pesugihan ini takuk ada tumbal tapi mau di apa dengan kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya coba minta tolong sama MBAH BUDI HARTONO dan dengan senang hati MBAH BUDI HARTONO membantu saya pesugihan dana gaibnya alhamdulillah semuanya bener-benar terbukti pesugihan dari MBAH ternyata aman tanpa tumbal karna saya sudah membuktikannya tidak ada resiko apapun dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur yang bisa di percaya jangan anda takut untuk konsultasi jika anda ingin di bantu seperti saya terutama yang terlilit hutang lansung hubungi MBAH BUDI HARTONO di nomor hp 085-256-077-899

    Komentar oleh pak mansur | Juli 4, 2017 | Balas

  12. Saya Senang bisa menulis dan berbagi melalui room ini. Sobat… dulu, saya seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, tapi namanya cobaan, dan gampang percaya ke semua orang, dan akhirnya saya ditipu dengan rekan bisnis sendiri dan saya harus menaggung hutang yang jumlahnya ratusan juta. Terus terang saya hampir putus asa. Karena saya memikirkan masa depan anak saya yg msh kecil sehingga sy bisa bertahan,dan ditengah tagihan hutang yg menumpuk dan demi makan sehari hari saya terpaksa saya jualan nasi bungkus keliling, dan pada akhirnya tagihan dari Bank jatuh tempo jaminan sertifikat rumah sy satu2nya harta yg sy miliki dan hrs sy perjuangkn.disinilah sy curhat tentang sy dgn seorang tmn dan memperkenalkan sy dgn sosok seorang ki.Ageng, Alhamdulilah dengan perantara beliau saya bisa menata usaha saya dan hutang sy sudah terbayar semua. Jujur awalnya saya ragu tapi karena bnr2 kepepet krn tagihan bank akhirnya sy meyakinkan diri. Subahanallah hanya dalam waktu singkat sy bisa menyelesaikan hutang sy totalnya 700juta. Secara logika tidak masuk akal tp inilah kenyataanya. dan Saya berani sumpah tuju turunan tidak selamat dunia akhirat klu sy tidak menikmati hasil metode ki.Ageng. atau disini ada yg sprt sy, silahkan di buktikan sndiri dan langsung kunsultasi dgn KI.Ageng di No +62812-4576-7849. Di JAMIN AMAN (terimaksih KI.Ageng saya tidak akan melupakan jasa dan amanah ki.Ageng agar lebih banyak orang bergabung dan bisa menyisihkan sebagian dr hasil kesuksesanya untuk pedepokan Ki.Ageng. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI.Ageng

    Komentar oleh Juliana Ibrahim | Agustus 3, 2017 | Balas

  13. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari
    johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar
    bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH POEJO yg telah membantu dia menjadi
    sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau
    membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu
    betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau
    membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua
    berkat bantuan MBAH POEJO ,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga
    selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas
    bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH POEJO atas bantuan
    nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh
    segera hubungi MBAH POEJO di hendpone (+62853-1524-4945)
    ATAU UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN KLIK DISINI TRIMAKASIH.
    insya allah
    beliau akan membantu anda seperti saya…

    Melayani:
    angka GHOIB; SINGAPURA
    angka GHOIB; HONGKONG
    angka GHOIB;MALAYSIA
    angka GHOIB; TOTO MAGNUM 4D.6D.8D
    angka GHOIB; LAOS
    angka GHOIB; SIDNEY
    angka GHOIB; CAMBODIA
    angka GHOIB; CHINA
    angka GHOIB; KOREA
    angka GHOIB; TOTO KUDA
    angka GHOIB; ARAB SAUDI
    angka GHOIB; BRUNEI DARUSSALAM
    angka GHOIB; TAIWAN
    angka GHOIB; THAILAND.

    Komentar oleh reksah | Januari 7, 2018 | Balas

  14. assalamualaikum wrb,bagi teman2 yang sedang dalam masalah dan mau dikasi solusi dengan jalan gaib silahkan hub AKI SEMAR SAKTI di nomor 0852 1117 4125 insya allah solusi yang diberikan beliau aman dan islami .

    Komentar oleh Lily Dea Rahmadani | Mei 11, 2019 | Balas


Tinggalkan komentar