Blog cak alief

Tak pernah berhenti berjuang…

Pandangan dan Harapan untuk Teknik Mesin ke Depan

Tulisan ini saya buat sebagai bentuk partisipasi dalam rangka usia emas almamater Teknik Mesin ITS tercinta. Semoga tulisan sederhana ini bisa memberi warna lain (selain merah) bagi perkembangan Teknik Mesin ke depan🙂
 

MESIN ITS GO INTERNATIONAL, NOW OR NEVER!

Seiring dengan perubahan waktu yang terasa berjalan sangat cepat, maka tatanan kehidupan di muka bumi ini pun juga berubah dengan cepat. Perubahan itu sifatnya irreversible, artinya tidak akan bisa kembali lagi. Dan perubahan itu hampir tidak mempunyai sisi kemanusiaan sama sekali. Siapa yang terlambat berubah, akan ditinggalkan begitu saja. Apalagi yang tidak mau berubah dan merasa nyaman dengan status quo, maka bisa dipastikan akan ditelan oleh perubahan.

Berkaitan dengan Teknik Mesin sebagai institusi pendidikan, maka dalam pandangan saya perubahan di dunia pendidikan tinggi saat ini dicirikan dengan dua hal:

Pertama, Transfer knowledge dan student yang tidak lagi mengenal batas negara, sebagaimana yang disampaikan Unesco dalam websitenya:
“The movement of students, education programmes and providers across borders for commercial and for-profit purposes is growing and this issue has gained new momentum and importance with the establishment of the General Agreement on Trade in Services (GATS). This new international trade agreement is administered by the World Trade Organization (WTO) and is the first multilateral agreement that covers trade in services. UNESCO is committed to assuring the quality of global provision of higher education in an increasingly diverse higher education arena and raising the awareness of stakeholders, especially students, on emerging issues in this field.” (source: UNESCO website)

Kedua, Perkembangan hasil riset yang bervisi ke depan dan berubah sangat cepat. Sebagai contoh yang saya tahu, Taiwan saja yang bukan anggota G-7, memiliki lembaga riset yang bervisi “memulai sebelum yg lain memulai”. Tiap tahun lembaga ini bisa menghasilkan paten teknologi berkelas International sebanyak 1000 buah, berarti 3 paten kelas international per hari, dan itu melibatkan banyak Perguruan Tinggi. Apalagi negara-negara maju di Eropa, Jepang dan US. Tentu mereka memiliki riset yang lebih berkelas dan mempunyai visi ke depan yang telah terjabarkan dengan rinci disertai strategi dan target yang ambisius.

Lalu bagaimana dengan nama besar Teknik Mesin (tercinta) sudahkah berubah dan siap menghadapi kompetisi di tingkat Internasional?

Harapan saya Teknik Mesin bisa berubah secepatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia, khususnya internet. Segera memodifikasi website mesin.its.ac.id supaya komunikatif dan bisa dinikmati oleh siapapun di dunia. Segera menjajaki kemungkinan melakukan exchange student program, dan mempersiapkan program double degree dengan negara lain. Segera terjun ke riset berkelas internasional untuk ikut merasakan bagaimana teknologi mempengaruhi cepatnya perubahan di dunia ini.

Di samping “melebarkan sayap” tersebut, tentunya kita juga perlu terus melakukan konsolidasi internal, utamanya dalam hal memperbaiki administrasi dan kualitas pembelajaran. Sehingga tepat pada waktunya nanti, Teknik Mesin siap menjadi pemain dalam kompetisi Perguruan Tinggi di tingkat Internasional.

Untuk mewujudkan semua itu, tentunya tidak cukup hanya dengan membuat visi misi yang bagus dan berandai-andai setinggi langit. Atau malah bersikap destruktif dengan melontarkan banyak alasan dan dengan “tenang” menunggu pemerintah ataupun ITS “menginstruksikan perubahan” terlebih dahulu. Apa yang sekarang bisa kita rubah sendiri, mari kita lakukan.

Perlu komitmen, kerja keras, dan keikhlasan dari semua pihak. Dan lebih dari itu semua perlu kemauan yang sungguh-sungguh dari masing-masing individu untuk berubah dan tidak menunggu yang lain. Karena ingat perubahan tidak menunggu kita. Perubahan akan terus berjalan, kita lah yang harus berbuat dan memutuskan, apakah mau jadi aktor perubahan atau cukup sebagai penonton, atau malah gak kebagian tiket (meski) hanya sebagai penonton???

Memasuki usia emas 50 tahun ini, marilah kita jadikan momentum awal untuk memulai perubahan Teknik Mesin, dari jawara kelas nasional berubah menjadi “kuda hitam” di kelas Internasional. Dan saya rasa kebersamaan dan solidaritas dari komunitas sarikat Merah Teknik Mesin yang telah terbangun, sudah merupakan modal yang lebih dari cukup untuk memulai langkah awal perubahan tersebut. It takes time, but one mile journey is started by a single step.

By: Alief-M43

Oktober 26, 2007 - Posted by | ke-"mesin"-an, ke-ITS-an

7 Komentar »

  1. Amiiin… sukses terus buat Teknik Mesin-ITS…

    Yang penting kontribusinya buat bangsa bisa lebih bermakna..🙂

    Komentar oleh almuhandis | Oktober 26, 2007 | Balas

  2. […] Posted Oktober 31, 2007 Masih berkaitan dengan tulisan saya yang lalu tentang Mesin ITS Go International, Now or Never, ini saya posting beberapa artikel dari kompas yang membahas tentang ciri pertama Perguruan Tinggi […]

    Ping balik oleh Rangking Perguruan Tinggi Internasional « Blog cak alief | Oktober 31, 2007 | Balas

  3. Buku Profil 50 tahun Teknik Mesin ITS bisa didownload di link berikut:

    http://oc.its.ac.id/detilmateri.php?idp=197

    Berisi foto-foto sejarah, seputar Teknik Mesin, harapan2 ke depan, dll. Sangat menarik, terutama temanya: “Perjuangan 50 tahun Teknik Mesin dalam Mewujudkan Kemandirian Bangsa”🙂

    Komentar oleh alief | November 14, 2007 | Balas

  4. Semoga sukses Mas!

    Bermimpi harus, tapi harus tetep menginjak bumi. Ada banyak masalah di negeri kita yang harus dibereskan…

    Komentar oleh kapten | Oktober 24, 2008 | Balas

  5. wagh,,, mesin its mau go international y???

    wooowwwh,,, teknik fisika kapan yawh,,,?? program magister ajah baru mulai..
    hehehe,,

    salam kenal ya dr tetangga sebelah,,
    jurusan ijo royo2,, teknik fisika ITS

    VIVAT!!!
    hidup ITS,, hidup ITS,, hidup ITS
    *berasa jd maba,,hehehe*

    Komentar oleh deena | Oktober 31, 2008 | Balas

  6. Sukses TEKNIK MESIN

    Komentar oleh Google Sport | April 18, 2011 | Balas

  7. I think that everything said made a ton of sense.
    But, think about this, suppose you were to write a killer headline?

    I am not saying your content isn’t solid, however suppose you added a post title that grabbed a person’s attention? I mean Pandangan dan Harapan untuk
    Teknik Mesin ke Depan « Blog cak alief
    is a little vanilla. You ought to glance at Yahoo’s home page
    and watch how they write post titles to grab people to open the
    links. You might add a video or a pic or two to get people excited about what you’ve got to say.

    Just my opinion, it could bring your blog a little livelier.

    Komentar oleh online shopping | Agustus 28, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: